Scroll ke Atas
Berita Utama

Wakil Wali Kota Semarang Apresiasi FWLJ Gelar Orientasi Kewartawanan

37
×

Wakil Wali Kota Semarang Apresiasi FWLJ Gelar Orientasi Kewartawanan

Sebarkan artikel ini
Wakil Wali Kota Semarang Ir Herverita Gunaryanti Rahayu, SSos, saat menyampaikan sambutan dan membuka Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian yang digelar FWLJ bekerjasama dengan PWI Jateng di Aula Kecamatan Candisari Kota Semarang, Sabtu (5/3/2022). Foto Absa.

EMSATUNEWS.CO.ID, SEMARANG – Wakil Wali Kota Semarang Ir Hevearita Gunaryanti Rahayu, SSos, memberikan apresiasi positif penyelenggaraan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) yang digelar oleh Forum Wartawan Lokal Jateng (FWLJ)  bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah, di Aula Kecamatan Candisari Kota Semarang, Sabtu (5/3/2022).
Apresiasi diberikan oleh tokoh Kota Semarang ini, tidak hanya dalam proses peningkatan kualitas kompeteni wartawan, namun juga banyaknya peserta orientasi dari berbagai daerah di luar Semarang.
“Sangat luar biasa ya. Kami apresiasi peserta orientasi yang hadir dari Brebes, Pemalang, Blora, Salatiga, Jepara dan sebagian besar wartawan Kota Semarang,” sebut Mbak Ita, sapaan akrab Wakil Wali Kota Semarang, saat menyampaikan pidato sambutannya.
Pemateri Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian dari jajaran Pengurus PWI Jateng bersama Wakil Wali Kota Semarang Ir Herverita Gunaryanti Rahayu, SSos, di Aula Kecamatan Candisari Kota Semarang, Sabtu (5/3/2022). Foto Absa

Baca Juga :  Blusukan ke Pasar, Babinsa Cek Harga Minyak Goreng

Sebagai sosok yang menyampaikan setiap berita apapun bentuknya kepada masyarakat luas, lanjutnya, wartawan sangat diperlukan untuk peningkatan kualitas profesi wartawan agar lebih profesional dan proporsional dalam menyajikan berita.
“Berita yang dibuat wartawan adalah sebagai bentuk kontrol sosial dan evaluasi program pemerintah, sehingga harus disampaikan secara profesional dan proporsional, jadi tidak secara masif menyajikan berita negatif, sehingga berdampak turunnya kepercayaan masyarakat,” tandas Wakil Wali Kota Semarang dalam sambutannya.
Materi Orientasi
Dalam Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian yang diselenggarakan FWLJ tersebut, menghadirkan tiga pemateri dari jajaran pengurus PWI Jawa Tengah. Yaitu Isdiyanto, Ketua Bidang Organisasi menyampaikan materi tentang Keorganisasian dan PD PRT PWI, lalu Widiyartono Direktur UKW menyampaikan tentang Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers, kemudian Alkomari Bidang Pendidikan menyajikan materi terkait Literasi Media.
Usai peserta menerima materi, dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang berkembang yang ditanyakan para peserta kepada para pemateri.(Absa)