Scroll ke Atas
Pendidikan

22 guru Bahasa Inggris Se Kabupaten Brebes Digembleng LPI dan British Council

35
×

22 guru Bahasa Inggris Se Kabupaten Brebes Digembleng LPI dan British Council

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES –  Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet  menggandeng British Council dan Peartree Language (UK) guna melaunching program Nusantara-Go secara daring.

Atiq Wirawati selaku Mentor program Nusantara-Go Kabupaten Brebes mengatakan lounching ini dilakukan  pada Senin 16 Mei 2022 kemarin yang diikuti oleh sejumlah 140 guru Bahasa Inggris yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia termasuk didalam ada 22 guru bahasa Inggris dari kabupaten Brebes yang  telah mendapatkan kesempatan baik ini.

“Mereka akan mendapatkan pengalaman yang berharga karena mendapat gemblengan langsung oleh tenaga profesional Peartree Language (UK) selama kurang lebih 16 pekan” kata Atiq yang juga  sebagai pendamping mereka melalui WA, Rabu (18/5/2022) pagi.

Baca Juga :  Tertarik Manajemen, SDN Mungkid Studi Tiru Ke Sekolah Penggerak Solo

Atiq mengatakan, kegiatan program ini yang bertujuan dalam  upaya meningkatkan kepercayaan diri guru dengan menggunakan Bahasa Inggris di kelas (writing dan speaking). ” Refleksi diri peserta tentang metodologi maupun teknik guna mendorong siswa mereka sendiri dengan menggunakan Bahasa Inggris di kelas, kesadaran akan konsep keterampilan Abad 21 dan penerapan beberapa alat strategi terkait di kelas serta  peningkatan kapasitas di tingkat regional melalui pengembangan komunitas praktik berkelanjutan yang diperjuangkan oleh mentor dan peserta kursus,” ujarnya.

Atiq menjelaskan, peserta kursus tersebut telah melewati proses seleksi ketat dan langsung dipilih oleh Peartree Language (UK), dari 36 peserta yang mendaftar namun hanya 22 peserta yang memenuhi standar untuk dapat mengikuti gemblengan tersebut.

Baca Juga :  H. Mu’tamar : Jangan Tinggalkan Sholat dan Prinsip-prinsip Islam

” Terkait penjaringan peserta tersebut dimediasi oleh Diknas Kabupaten  Brebes dan ditindaklanjuti oleh MGMP Bahasa Inggris tingkat SMP/MTS dan SMA/ SMK se Kabupaten Brebes,” jelasnya.

Atiq menambahkan, mengingat situasi masih dalam masa pandemi Covid 19 maka demi keamanan dan kesehatan bersama, program tersebut dilakukan secara daring, dan semua peserta mendapatkan fasilitas quota internet gratis selama kursus dan bagi peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat dari Peartree Language (UK)

” Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mutu guru bahasa inggris dikabupaten Brebes  bisa lebih meningkat lagi,” imbuhnya – (imam)