Scroll ke Atas
Berita UtamaPendidikan

Syarat Yang Harus Diperhatikan Dalam Menuntut Ilmu

140
×

Syarat Yang Harus Diperhatikan Dalam Menuntut Ilmu

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Disebutkan dalam kitab Taklim Muta’alim ada beberapa syarat dalam menuntut ilmu bagi pelajar atau pun para santri, yaitu kecerdasan, kesungguhan, kesabaran, bekal yang cukup, bimbingan para guru dan dalam waktu yang lama.

Hal itu disampaikan KH Imam Qurtubi dalam maidahnya pada peringatan maulid Nabi Muhammad SAW SMK Islam Al Khoiriyah Petarukan pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Baca Juga :  Bupati Pemalang Lepas Puluhan Pendekar Silat Berlaga di UGM National Championship

Ia menjelaskan, syarat yang pertama kecerdasan. Menuntut ilmu harus dilandasi dengan kecerdasan, cerdas disini adalah dengan memanfaatkan waktu.

“Tidak menunda pekerjaan. Jika waktu untuk solat telah tiba, maka segeralah untuk melaksanakan solat. Begitu pula halnya dengan belajar. Apabila telah tiba jam belajar, maka persiapkan diri untuk menerima ilmu,” katanya.

Baca Juga :  Pemkab Brebes Siap Respon Warga Plompong Sirampog Terdampak Akibat Bencal Tanah Bergerak

Kedua dengan sungguh-sungguh atau semangat. Menuntut ilmu itu harus dengan semangat dan belajar secara sungguh-sungguh, baik di lingkungan rumah maupun di luar lingkungan sekolah.

Ketiga harus dengan kesabaran. Setiap orang yang menuntut ilmu harus dilandasi dengan kesabaran. Karena kesabaran akan membawa manusia ke jalan yang penuh dengan kebaikan.