Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Sebagai Rasa Syukur Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Warga Ikuti Ratiban

×

Sebagai Rasa Syukur Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Warga Ikuti Ratiban

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pemerintah desa (Pemdes) Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten  Brebes gelar acara Ratiban yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 di sekitar lokasi wisata Telaga Ranjeng desa setempat saat ini kembali dilaksanakan  yang diikuti ratusan warga setempat, Selasa (2/8/2022).
Tampak sejumlah 50 tumpeng yang disediakan warga disetiap Rt ditampung di kantor desa dan diarak dari kantor desa menuju lokasi Telaga Ranjeng guna keperluan acara tersebut.
Kepala Desa (Kades) Pandansari Irwan Susanto mengatakan, Ratiban merupakan kegiatan adat warga yang menjadi agenda rutin tahunan di desanya sekaligus nguri-nguri budaya.
“Ratiban adalah simbol syukur warga terhadap Tuhan Yang Maha pencipta alam dengan melimpahkan segala kehidupan maupun keberkahan kepada  manusia khususnya di Desa Pandansari,”  katanya.
Irwan mengapresiasikan warganya kental rasa kebersamaan dalam mempertahankan adat  dengan acara Ratiban secara swadaya dengan harapan legiatan tersebut mendapat suport dari pemerintah kabupaten maupun provinsi.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Rofiq Qoudul Adzam yang sempat hadir juga memberikan apresiasi dengan guyub dan rukun warga yang sukses menggelar ratiban.
Hal yang sama disampaikan Perwakilan Dinporapar Jawa Tengah Riyadi Kurniawan mengatakan festival budaya menjadi salah satu strategi dan menjadikan keragaman budaya yang unik dan bisa dilestarikan untuk generasi penerusnya.
Sementara itu, dalam acara Ratiban tersebut, diawali dengan doa bersama dan puluhan tumpeng yang telah diarak/disediksn warga  kemudian dimakan secara bersama-sama juga.
Selain tumpeng yang dimakan bersama juga diberikan kepada ikan-ikan penunggu waduk  yang ada di Telaga Ranjeng kegiatan ratiban tersebut  berlangsung sukses dan lancar – (imam)
Baca Juga :  Temui Habib Lutfi di Pekalongan, Menhan Prabowo Sampaikan Ingin Ikut Serta Perbaiki Monumen-monumen Perjuangan