Scroll ke Atas
Berita Utama

Fotkopimcam Bumiayu Gelar Minloka karya Terkait Percepatan Penanganan Stunting di Wilayahnya

49
×

Fotkopimcam Bumiayu Gelar Minloka karya Terkait Percepatan Penanganan Stunting di Wilayahnya

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Mini loka karya lintas sektoral tahun 2023 tahap I di kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes digelar di Aula kantor Camat Bumiayu, Kamis (9/3/2023). 
Kegiatan tersebut diantaranya membahas masalah percepatan penanganan stunting yang dihadiri perwakilan Camat, Kapolsek, peewakilan Danramil, perwakilan Ketua TP PKK Kecamatan, perwakilan Kepala Puskesmas Bumiayu dan Puskesmas Kaliwadas Kepala DP3KB Bumiayu, perwakilan Kepala KUA , Koordinator PKH, Perwakilan Kader Kesehatan.
Camat Bumiayu melalui Sekcam Akhnad Rofi SIP MM mengatakan acara mini loka karya lintas sektoral pada hari ini adalah dalam rangka manyatukan langkah dan upaya bersama dalam rangka percepatan penanganan stunting di wilayah Kecamatan Bumiayu.
Kapolsek Bumiayu Iptu Kasam SH mengungkapkan terkait stunting kita harus jelas dulu yang masuk dalam kriteria stunting itu apakah balita dengan tinggi badan kurang, berat badan kurang atau ada kriteria lainnya, sehingga data jumlah stunting di Kec. Bumiayu benar – benar valid, pasalnya Polres Brebes telah menentukan dua desa di wilayah Kecamatan Bumiayu yang akan menjadi prioritas dalam percepatan penanganan stunting yaitu Desa Adisana dan Desa Kalinusu, hal ini berdasarkan data yang kita terima dari dua Puskesmas yang ada.
“Kami dari Polsek Bumiayu dan Koramil Bumiayu melalui petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa siap bekomitmen dalam mendukung dan melakukan pendampingan dalam upaya percepatan penanganan stunting di wilayah Kecamatan Bumiayu,” ungkapnya.
 Lanjut Kasam bahwat terkait warga Kecamatan Bumiayu yang masuk kriteria sebagai miskin ekstrim juga harus benar – benar di kroscek ke lapangan oleh koordinator PKH dan pendamping desa, sehingga apabila ada bantuan turun tidak salah sasaran dan tidak menjadi gejolak di masyarakat. 
Sementara Kepala DP3KB Kec. Bumiayu Maulida Dwi Utami menjelaskan di tingkat Kabupaten Brebes telah terbentuk TPPS ( Tim Percepatan Penanganan Stunting ) yang diketahui oleh Setda Brebes Djoko Gunawan dan untuk tingkat Kecamatan Bumiayu akan dibentuk tim serupa yang diketuai oleh Ketua TP PKK Kecamatan Bumiayu, bebernya.
Maulida juga menerangkan TPPS ditingkat Kecamatan Bumiayu akan beranggotakan para kader kesehatan dan akan mendapatkan pelatihan / bimbingan dari tim TPPS Kabupaten Brebes sebelum turun ke lapangan,
“Bahwa selama ini upaya pencegahan dan penanganan stunting oleh Puskesmas Bumiayu dan Puskesmas Kaliwadas sudah berjalan diantaranya pemberian tablet penambah darah untuk remaja putri, pendampingan para calon pengantin dan pemberian makanan tambahan untuk balita, namun tampaknya hasilnya belum signifikan,” terangnya.
Menurut Maulida sebagai kendala yang kita jumpai di lapangan dalam percepatan penanganan stunting yaitu keterbatasan SDM atau petugas pendampingan keluarga, keterbatasan alat – alat penunjang dan keterbatasan anggaran, sehingga diperlukan komitmen dari seluruh instansi yang ada di Kecamatan Bumiayu dalam mendukung upaya bersama percepatan penanganan stunting.(imam)

Baca Juga :  PKK Desa Banjarsari Gelar Pertemuan Rutin dan Peringati Maulid Nabi