Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Pemkab Pemalang Siapkan Diri Menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023

×

Pemkab Pemalang Siapkan Diri Menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Berbagai persiapan dilakukan Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk menghadapi Idul Fitri 1444 H/2023 diantaranya, terkait kesiapan lalu lintas dan pengamanan untuk arus mudik/balik. Kemudian ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) dan pengendalian inflasi, serta kesiapan sektor pariwisata. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi pejabat Pemerintah Kabupaten Pemalang yang dipimpin Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, Kamis (13/4/2023) di Gedung Sasana Bhakti Praja.
Terkait dengan pengamanan lalu lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pemalang akan menyiapkan 200 personil dengan alokasi penempatan yaitu, 100 personil akan ditempatkan pada 4 titik posko yaitu Alun-Alun Pemalang, Persimpangan Gandulan, Rest Area Ampelgading, dan Randudongkal. Kemudian 100 personil lagi akan ditempatkan secara menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Pemalang, dari Desa Lawangrejo hingga Kecamatan Ulujami serta Kecamatan Belik.
Selain menyiapkan personel, Dishub juga telah merencanakan sejumlah kegiatan untuk memastikan lalu lintas berjalan dengan lancer diantaranya, mempersiapkan dua unit mobil patroli yang akan digunakan untuk mobilitas petugas sebagai Tim Pengurai Arus Lalu Lintas, meningkatkan pengamanan dan melakukan pemeliharaan perlintasan kereta api yang berada di wilayah Kabupaten Pemalang selama Idul Fitri 2023, melakukan perbaikan pada sarana dan prasarana jalan seperti traffic light.
Kemudian juga melaksanakan sosialisasi pengaturan dan penertiban parkir tepi jalan umum guna kelancaran dan ketertiban arus lalu lintas di Kabupaten Pemalang, melaksanakan kegiatan operasi angkutan umum dengan melakukan pengecekan kesiapan angkutan umum yang memasuki terminal di Kabupaten Pemalang.
Dishub juga ikut serta mengirimkan armada pada kegiatan Mudik Gratis dengan mengirimkan 4 bus sebagai sarana untuk memudahkan warga Kabupaten Pemalang yang ingin Mudik ke kampung halaman, dan menerapkan rekayasa lalu lintas pada malam Lebaran Tahun 2023 khusus area dalam kota Pemalang.
Sementara itu Satpol PP Kabupaten Pemalang akan melaksanakan kegiatan antara lain, melaksanakan patroli wilayah secara rutin guna deteksi dini dan cegah dini gangguan trantibum, selain itu juga akan berkoordinasi dengan Camat se-Kabupaten Pemalang terkait trantibum wilayah. Lalu mengadakan operasi trantibum seperti penyakit masyarakat (pekat) dan cipta kondisi pada wilayah-wilayah strategis.
Untuk mengatasi potensi musibah kebakaran, Satpol PP juga akan melaksanaan piket siaga 24 jam dengan personil trantib dan siaga Damkar dengan jumlah 30 personil. Pendekatan persuasive kepada masyarakat juga dilakukan Satpol PP dengan melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, agar menjaga kondusifitas khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, baik melalui spanduk maupun media social.
Kondusifitas perayaan Idul Fitri juga tidak lepas dari kesiapan kepokmas, dan pengendalian inflasi agar harga tidak melambung tinggi. Diskoperindag Kabupaten Pemalang telah dan akan terus melaksanakan kegiatan untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan harga kepokmas.
Kegaiatan tersebut antara lain melakukan pemantauan harga dan stok bahan pokok dua kali dalam seminggu setiap Senin dan Kamis. Pantuan dilakukan di lima titik pasar di Kabupaten Pemalang, yaitu Pasar Pagi Pemalang, Pasar Belik, Pasar Petarukan, Pasar Comal dan Pasar Randudongkal.
Untuk membantu masyarakat kurang mampu memenuhi kebutuhannya, Diskoperindag juga memfasilitasi pengadaan sembako murah melalui pelaksanaan kegiatan pasar murah. Pasar murah telah dilaksanakan di Desa Widodaren pada 6 April 2023, dan Desa Sima pada 12 April 2023.
Melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pemalang, dimana Diskoperindag menjadi salah satu anggotanya juga telah melaksanakan pengawasan keamanan pangan yang mengandung bahan berbahaya dan kadaluwarsa. Kegiatan tersebut pada pasar tradisional, ritel dan toko modern bersama Dinas Kesehatan dan Satpol PP pada 4 dan 5 April 2023.
Upaya lain yang dilakukan Diskoperindag yaitu melaksanakan program Stabilitasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) beras medium, gula pasir, dan minyak goreng bekerja sama dengan Perum BULOG. Kemudian juga melaksanakan pemantauan distribusi barang, agar tidak terjadi kelangkaan barang karena kasus penimbunan.
Diskoperindag bahkan juga melakukan koordinasi dengan PERTAMINA terkait penambahan kuota BBM dan LPG, sebagai antisipasi kelangkaan pasokan menjelang Idul Fitri 1444 H/2023.
Libur Idul Fitri lazimnya akan dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Mengantisipasi hal tersebut, Disparpora Kabupaten Pemalang melakukan upaya antara lain, melakukan monitoring kesiapan Daerah Tujuan Wisata (DTW) dengan melakukan pengecekan kelayakan alat dan kelengkapan lainnya. Kemudian mengimbau kepada pengelola DTW untuk selalu siap siaga dengan segala risiko yang terjadi.
Langkah lainnya yaitu mewajibkan kepada DTW untuk menyediakan posko terpadu dan layanan Call Center selama libur Lebaran 2023. Lalu melakukan monitoring persiapan penjualan paket wisata di Kabupaten Pemalang, serta menerbitkan Surat Edaran dalam rangka penyelenggaraan langkah pencegahan bencana, demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung saat Libur Idul Fitri Tahun 2023.
Adapun di area Pantai Widuri, yang notabene menjadi objek wisata favorit, telah dilakukan langkah antisipatif berupa menyiapkan tanda larangan mandi di laut, melakukan buka tutup pintu masuk apabila terjadi lonjakan, mengimbau kepada paguyuban pedagang untuk bersama-sama menjaga trantibum, serta kebersihan lingkungan dan menghimbau kepada pemilik perahu agar senantiasa menjaga keselamatan dan keamanan wahana wisata.(*)
Sumber: pemalangkab.go.id
Baca Juga :  Pemdes Wanatirta Paguyangan Gandeng Puskesmas Winduaji Gelar Giat BIAN 2022