Scroll ke Atas
Berita Utama

335 Siswa MAN Pemalang Diwisuda, 11 Siswa Diterima di PTN

73
×

335 Siswa MAN Pemalang Diwisuda, 11 Siswa Diterima di PTN

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pemalang melaksanakan acara pelepasan siswa-siswi kelas XII tahun pelajaran 2022/2023. Acara pelepasan kali ini mengambil tema ‘Datang Bertemu Untuk Menuntut Ilmu, Pergi Berpisah Untuk Menggapai Masa Depan Yang Cerah’.

Pada acara ini, sebanyak 335 siswa-siswi madrasah kelas XII dari 3 jurusan, meliputi jurusan Agama, IPS dan MIPA melaksanakan prosesi pelepasan bertempat di madrasah setempat, Sabtu (6 Mei 2023).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kemenag Pemalang, H.Rozikun, S.Ag.,M.PdI, Kepala MAN Pemalang, Drs. H.Ahmad Najid, M.PdI, Ketua Komite MAN Pemalang, Dr. Supa’at, para dewan guru, staff dan pegawai MAN Pemalang. Kemudian seluruh siswa-siswi kelas XII MAN Pemalang beserta orang tuanya dan segenap tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala MAN Pemalang, Drs. H.Ahmad Najid, M.PdI mengaku bersyukur karena dari 335 siswa-siswi kelas XII yang diwisuda pada hari ini dinyatakan lulus semua. 

Pihaknya pun berpesan agar para siswa-siswi madrasahnya itu tidak merayakan kelulusan dengan uforia. Seperti melakukan arak-arakan atau coret-coretan.

“Terima kasih, informasi tadi pagi yang saya peroleh, alhamdulillah anak-anak kita tidak ada yang konvoi dan coret-coretan. Mudah-mudahan informasi ini bener,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Ahmad Najid juga mengucapkan selamat kepada mereka yang telah diterima di perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (NSBP). Adapun jumlahnya yakni 11 anak diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan 54 anak diterima di Perguruan Tinggi Islam.

“Kemudian (melalui) jalur ketua OSIS ada 1 anak yang diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB), dan 1 anak di Poltekes Semarang,” terangnya.

Selain itu, ada pula yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) melalui jalur prestasi. Ini berarti kedua kalinya siswa lulusan MAN Pemalang diterima di Fakultas Kedokteran UI lewat jalur prestasi.

Ahmad Najid mengatakan dengan diterimanya siswa lulusan MAN di Fakultas Kedokteran UI selama dua tahun berturut-turut, harapannya di tahun depan, bisa membuka pintu MAN Pemalang untuk lebih dipercaya oleh UI. Khususnya di Fakultas Kedokteran.

Selanjutnya, Ahmad Najid juga menyampaikan laporan terkait juara paralel yang diraih siswa-siswi kelas XII di masing-masing jurusan yang masuk dalam 5 peringkat besar. 

“(Jurusan) IPA ada 5 (siswa), IPS 5 dan agama ada 5. Selamat,” tukasnya.

Ia pun berpesan kepada para siswa-siswinya tersebut. Pertama, ia meminta agar mereka menjadi generasi yang harus kenal tentang sejarah. Jadi tidak boleh melupakan sejarah.

Kedua, ia berpesan bahwa sebagai orang yang beragama Islam, mereka harus berpikir positif kepada Allah SWT. Jadi masa depan kayak apa pun diserahkan kepadaNya.

“Kemudian yang ketiga, akhlakul karimah diatas segala-galanya,” pungkasnya.

Adapun dalam acara pelepasan tersebut, dilakukan pula penandatanganan berita acara penyerahan peserta didik kelas XII tahun pelajaran 2022/2023 oleh Kepala MAN Pemalang didampingi ketua komite madrasah kepada perwakilan wali siswa. *

Penulis : Yanto

Baca Juga :  Bumiayu Macet Akibat Penumpukan Kendaraan Pengangkut Hewan Yang Keluar Masuk Ke Pasar Wage