Scroll ke Atas
Berita Utama

ASN di Lingkungan Pemkab Pemalang Diminta Ikut Semarakan HUT RI ke-78

60
×

ASN di Lingkungan Pemkab Pemalang Diminta Ikut Semarakan HUT RI ke-78

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Guna menyemarakan peringati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Bangsa Indonesia Tahun 2023 yang ke-78, Plt Bupati Pemalang mengajak ASN di lingkungan Pemkab Pemalang ikut berpartisipasi.

Hal itu diucaplan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat melalui PJ Sekda Kabupaten Pemalang Moh Sidik dalam surat edaran (SE) No. 003.1/2056/Bakesbangpol. Pada Senin 24 Juli 2023 kemarin.

Moh Sidik mengatakan, SE ini menindaklanjuti surat dari Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor : B523/M/S/TU.00.04/06/2023 tanggal 13 Juni 2023 Perihal Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi menyemarakkan peringatan HUT yang ke-78.

“Dalam surat tersebut disampaikan tema peringatan HUT Ke78 Kemerdekaan Bangsa Indonesia Tahun 2023 adalah ‘Terus Melaju Untuk Indonesiu Maju’,” katanya

Sehubungan dengan hal tersebut maka dimohon kepada seluruh jajarannya untuk ikut berpartisipasi dengan memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya, di lingkungan kantor masingmasing secara serentak sejak tanggal 20 Juli 2023.

Baca Juga :  PAC PDI Perjuangan Kecamatan Paguyangan Gelar Seni Budaya Ebeg Jaran Kepang

Menurutnya, Penggunaan logo HUT Ke-78 Kemerdekaan Bangsa Indonesia Tahun 2023 dan desain turunannya agar merujuk pada pedoman yang dapat diunduh pada situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go id).

“Mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT ke-78 Tahun 2023 kedalam berbagai bentuk media, antara lain desain/tampilan situs/media sosial,” ujarnya.

“Tayangan pada media televisi dan daring, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk/s’venir, media publikasi cetak, elektronik, dan lain-lain, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing,” tambahnya.

Ia menyampaikan, untuk mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2023.

“Menyelenggarakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang Ke-78 pada semua Kantor/ Instansi Pemerintah dan Swasta pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 07.00 WIB s/d selesai,” ujarnya.

Baca Juga :  Pasang Perangkap Lalat Mangga, Mansur Hidayat Inginkan Kabupaten Pemalang Menjadi Kawasan Industri Ketahanan Pangan

Hal ini ia minta untuk disosialisasikan, agar di tempat-tempat umum seperti Pasar, Mail, Pertokoan, terminal dan Stasiun pada Hari Senin, 17 Agustus 2023 pukul 10.17 Wib sd 10.20 Wib selama 3 menit untuk menghentikan kegiatannya dan berdiri tegap guna mengheningkan cipta dan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Untuk jajaran TNI dan Polri, serta penanda lainnya sebelum Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan Instansi Pemerintah dan Swasta serta para Ketua RT/RW agar melaksanakan kegiatan lomba-lomba yang bersifat menghibur masyarakat dilingkungannya.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Ke 78 Tingkat Kabupaten dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Pemalang, dan di Tingkat Kecamatan dilaksanakan di Tanah lapang Kecamatan masing-masing dimulai pada pukul 09.00 WIB 3/d selesai.

“Kepada para Camat untuk meneruskan ke kepala desa dan Lurah di wilayah kecamatan masing-masing,” tukasnya.*

Reporter: Cahyo Sasongko