Scroll ke Atas
Berita Utama

Bupati Pemalang Mendorong Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Workshop Evaluasi

90
×

Bupati Pemalang Mendorong Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Workshop Evaluasi

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, secara resmi membuka Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Pendopo Kabupaten Pemalang pada Kamis, (27/7/2023). Dalam sambutannya, Mansur Hidayat menekankan pentingnya transparansi dalam pengelolaan keuangan desa guna meningkatkan kemampuan finansial desa secara keseluruhan.
Menurut Mansur, desa memiliki beragam sumber pendapatan yang dapat meningkatkan potensi keuangan desa. Namun, untuk memastikan kemajuan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengelolaan keuangan desa harus dilakukan dengan baik dan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Menerapkan pengelolaan keuangan desa secara transparan, partisipatif, dan akuntabel, sesuai dengan asas pengelolaan keuangan desa, serta tertib dan disiplin dalam anggaran, akan membawa dampak positif bagi kemajuan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta dapat mengurangi angka kemiskinan,” ujar Mansur.

Mansur juga memberikan pesan kepada seluruh peserta workshop, terutama kepada para Kepala Desa, agar mengikuti kegiatan ini dengan baik. Dia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas penyelenggaraan tata keuangan di desa.
Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa ini merupakan kolaborasi antara Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes), bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Acara tersebut juga melibatkan empat narasumber berkompeten di bidangnya.
Keempat narasumber tersebut adalah Anggota Komisi XI DPR RI, Hendrawan Supratikno; Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tegal, Ihda Hidayah Budiati; Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Pusat, Akhmad Basori; dan Asisten Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Herbert Siagan.
Moderator dalam acara ini adalah Pj Sekda Kabupaten Pemalang, Moh. Sidik. Turut hadir dalam kegiatan ini seluruh Kepala Desa, Camat, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang.
Dengan digelarnya Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa ini, diharapkan akan muncul upaya konkret untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi pengelolaan keuangan desa, sehingga dampak positif dapat dirasakan oleh masyarakat secara menyeluruh.( ** )

Baca Juga :  18 Puskesmas di Pemalang Terima Motor Pusling, Bupati Harap Pelayanan Kesehatan Meningkat