Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Lomba Drumband Blek Meriahkan HUT RI ke- 78 Desa Terlaya, Brebes

188
×

Lomba Drumband Blek Meriahkan HUT RI ke- 78 Desa Terlaya, Brebes

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Sebagai wujud dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 sekaligus menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan, Masyarakat Dukuh Secang, Desa Terlaya, Bantarkawung, Brebes, gelar berbagai macam lomba, salah satunya yaitu Lomba Drumband Blek tingkat RT.

Drumband blek atau yang lebih populer Drumblek merupakan jenis marching band tradisional dengan menggunakan peralatan seadanya dari barang-barang bekas seperti kaleng bekas, botol bekas dan penutup panci yang sudah tidak terpakai serta barang bekas lainya.

Dengan diberi asesoris dan pernak- pernik warna-warni para peserta drum blek menabuhnya secara serentak dengan memadukan irama suara dari masing-masing alat yang digunakan.

Disamping alat-alatnya yang seadanya Drumblek juga menampilkan mayoret yang bertingkah lucu dan mengundang gelak tawa. Disaksikan warga masyarakat yang antusias menonton hingga memadati ruas jalan Provinsi Bumiayu-Salem, pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Baca Juga :  Bakamla RI Tangkap 3 Kapal Muatan Nikel Illegal di Sulawesi Tenggara

Kepala Desa (Kades) Ujang Muhaemin melalui Kadus Ustad Zalaludin mengapresiasi kegiatan peringatan HUT RI yang digelar oleh panitia, Ia mengatakan peringatan HUT RI kali ini digelar dengan meriah pasca vakum karena Covid-19.

“Peringatan HUT RI sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para Pahlawan Bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan, serta mensyukuri nikmat kermerdekaan, sekaligus untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan warga, serta memupuk rasa cinta akan NKRI,” ungkapnya.

Lanjut Zalaludin, dengan adanya kegiatan Peringatan HUT RI yang digelar diharapkan menambah rasa kekeluargaan dan kekompakan warga, sehingga memupuk rasa saling mendukung dalam kebersamaan, serta rasa gotong-royong disemua kegiatan desa.

Sementara itu Ketua Panitia HUT RI ke-78 Dukuh Secang, Terlaya Kursin mengatakan, beragam lomba diadakan hampir full setiap hari, dari mulai tanggal 16 sampai dengan tanggal 20. Lomba-lomba tersebut antara lain, drum blek, gerak jalan, pildacil, kumandang axdan Mars Indonesia Raya, karoke dll.

“Alhamdulillah lomba-lomba sudah berjalan, ini berkat kekompakan para warga dengan dana sukarela. Kami selaku panitia hanya melaksanakan kegiatan sesuai keinginan masyarakat,” ungkap Kursin.

Baca Juga :  Pemdes Pruwatan Bentuk Pengurus P3A Baru, Bahas Jebolnya Bendungan Jembat

Selain lomba-lomba kemeriahan HUT RI Kursin mengatakan, gelaran kompetisi turnamen sepak bola antar desa, Kades CUP Terlaya 2023 sudah mulai bergulir. Tim-tim sepak bola dari beberapa desa se- Kecamatan Bantarkawung telah mendaftar dan siap bertanding diajang kompetisi bergengsi tingkat Kecamatan.

“Untuk kompetisi sepak bola sudah mulai bergulir, bagi masyarakat Bantarkawung yang ingin menyaksikan bisa hadir di Lapangan Sungalaya Desa Terlaya,’ terangnya.

Kegiatan Peringatan HUT RI ke-78 Dukuh Secang diisi pula dengan acara saresehan dan do’a bersama untuk memohon keberkahan dan kelancaran, dilanjut dengan pemotongan tumpeng oleh Panitia bersama Para Tomas, Toga dan Masyarakat pada Rabu malam pukul 20.00 WIB.*

Penulis : Yayan Eryanto.