Scroll ke Atas
Berita UtamaNasional

Fungsi Biosaka dan Cara Pembuatannya

121
×

Fungsi Biosaka dan Cara Pembuatannya

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes memberikan penyuluhan pembuatan biosaka di kegiatan Non Fisik TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes, kepada kelompok tani Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (17/10/2023).

Selaku pemateri, Amirudin SP, Penyuluh Pertanian Muda Dintanhan Kabupaten Brebes menjelaskan dengan gamblang tentang keunggulan serta teknik pembuatan biosaka yang dapat dibuat sendiri oleh petani untuk meningkatkan produksi.

Baca Juga :  Polres Pekalongan Berhasil Ungkap Pelaku Tabrak Lari

“Bio singkatan dari biologi, dan saka artinya dari. Jadi, biosaka artinya dari alam kembali ke alam,” bebernya.

Biosaka bukan merupakan pupuk atau nutrisi, melainkan sebuah elisitor atau sinyal yang dapat merangsang pertumbuhan dan berproduksi lebih bagus pada semua tanaman, termasuk tanaman padi sebagai tanaman mayoritas di Desa Kaliloka.

Biosaka juga tidak menggunakan mikroba atau proses fermentasi dalam pembuatannya.

Baca Juga :  Nyaris Bangkrut, Plt. Bupati Pemalang Tunjuk Anda Asri Hardiyanto Sebagai Plt. Dirut PT. Aneka Usaha

“Biosaka juga bermanfaat untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit, serta mampu menekan penggunaan pupuk NPK hingga 50 persen,” sambungnya.

Untuk proses pembuatan biosaka diawali dengan pemilihan minimal 5 jenis rumput-rumputan atau dedaunan yang sehat, sempurna, tidak terkena penyakit, dan warna daun rata.

Yang diambil adalah pucuk daun yang masih hijau, boleh diambil 2-4 daun dengan batangnya.