Scroll ke Atas
KesehatanMegapolitan

Inovasi RSUD Kota Tangerang Kembangkan Sistem PACS Dengan Scan Barcode Hasil Radiologi

342
×

Inovasi RSUD Kota Tangerang Kembangkan Sistem PACS Dengan Scan Barcode Hasil Radiologi

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, KOTA TANGERANG – Menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang optimal, mau tidak mau berbagai bidang mengalami reformasi baik dari segi sumber daya maupun sistem.

Saat ini Rumah sakit Umum Daerah ( RSUD) Kota Tangerang sudah menerapkan sistem digital yang dilakukan pada berbagai bidang, termasuk pada pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Salah satu unit pelayanan pasien di rumah sakit yang sudah menggunakan sistem digital adalah pelayanan radiologi dengan teknologi Picture Archiving Communication System (PACS).

Baca Juga :  Wacana Penundaan Pemilu, A. Khoirul Umam, Ph.D : Berharap Islamic-based Civil Society Khususnya PBNU dan Muhammadiyah Sikapnya, Statement-nya Harus Tegas

Menurut dr. Avrlia Ekawati, Sp.Rad PACS merupakan sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak (jaringan) yang digunakan untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, mendistribusikan hasil pemeriksaan radiologi.

Dalam pelayanan radiologi di RSUD Kota Tangerang untuk pemeriksaan CT Scan Abdomen, CT Scan Brain, CT Scan Thorax, sistem PACS didefiniskan sebagai sistem komunikasi dan penyimpanan data berupa gambar atau citra medis yang merupakan hasil dari pemeriksaan.

Baca Juga :  Polsek Neglasari Gelar Baksos Pembagian Paket Sembako Kepada Warga Neglasari 

“Hal ini memungkinkan data untuk dikomunikasikan (ditampilkan) secara tepat, cepat dalam jangkauan yang luas serta bisa disimpan dalam jumlah banyak dalam jangka waktu lama,” kata dr. Avrlia Ekawati, Sp.Rad

Lebih lanjut menjelaskan, untuk kunjungan pasien pada pemeriksaan radiologi sekitar 2700 orang perbulan, dan untuk harian rata rata 100 orang.