Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Kendalikan Inflasi Daerah, Bupati Pemalang Luncurkan Pasar Murah Di Desa Pecangakan

485
×

Kendalikan Inflasi Daerah, Bupati Pemalang Luncurkan Pasar Murah Di Desa Pecangakan

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Senin (13/11/2023) Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, ST membuka Pasar Murah dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Pemalang Tahun 2023 yang diselenggarakan di Desa Pencangakan, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Mansur menyampaikan kebahagiaannya melihat semangat dan antusiasme masyarakat dalam menyambut Pasar Murah. Ia berharap semangat tersebut diiringi dengan kesadaran yang tinggi untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban selama pasar murah berlangsung, sehingga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang luas kepada warga.

Bupati Pemalang menjelaskan bahwa Pasar Murah yang digelar merupakan salah satu upaya dalam rangka pengendalian Inflasi Daerah di Kabupaten Pemalang. Pasar Murah ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan dukungan terhadap kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian daerah yang mengalami peningkatan cukup signifikan.

Baca Juga :  TNI dan Militer Korsel Sepakat Tingkatkan Kemampuan Prajurit Dalam Menjaga Perdamaian Dunia

Peningkatan harga barang pokok disebabkan oleh berbagai faktor, seperti musim kemarau panjang. “Kenaikan harga ini tentu saja sangat memberatkan bagi masyarakat” ujar Mansur.

Menurut Mansur, Pemerintah Kabupaten Pemalang secara rutin menyelenggarakan program Pasar Murah setiap tahun sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh kebutuhan pokok, sekaligus menahan laju kenaikan harga dan mempersempit kemungkinan adanya penimbunan barang kebutuhan pokok.

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI Ke-77, Danrem 174/ATW Gowes Bersama Komunitas Sepeda Merauke

Dikatakannya, stok barang kebutuhan pokok yang disediakan dalam pasar murah tersedia dalam jumlah terbatas, yaitu 800 paket dengan harga Rp17.000 per paket, yang berisi 3 kg beras premium, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir. Pasar murah ini diutamakan untuk masyarakat kurang mampu.

Bupati Mansur juga meminta Pemerintah Desa Pencangakan agar membagi paket sembako murah ini sesuai kriteria dan kondisi masyarakat yang ada, dengan memprioritaskan ketertiban dan kondusifitas selama pasar murah. ( Joko Longkeyang )