Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Ketua DPRD Pemalang, Tanggapi Pidato Bupati Dalam Rapat Paripurna HUT Kabupaten Pemalang

435
×

Ketua DPRD Pemalang, Tanggapi Pidato Bupati Dalam Rapat Paripurna HUT Kabupaten Pemalang

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.ida, Pemalang – Ketua DPRD Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah Tatang Kirana, memberikan tanggapan terhadap prestasi yang berhasil diraih oleh pemerintah daerah Kabupaten Pemalang. Dalam rincian prestasi tersebut, Kabupaten Pemalang mendapatkan sejumlah penghargaan, antara lain adalah penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2023 kategori Nindya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, penghargaan TOP BUMD Awards, dan penghargaan bagi bupati/walikota yang berhasil menurunkan angka stunting sebesar 9,2% dari tahun 2018-2023.

Sebagai pengakuan atas prestasi tersebut, Kabupaten Pemalang mendapatkan insentif fiskal sebesar 6,6 miliar dari pemerintah pusat. Selain itu, pemerintah daerah juga menerima penghargaan Swasti Saba Padapa dalam Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat 2023 dari Kementerian Kesehatan RI, serta penghargaan Satria Brand Award 2023 dari Harian Suara Merdeka. Dalam ajang tersebut, Bupati Mansur Hidayat menerima Penghargaan Satria Leader Award kategori “Satria Digitalis”.

Baca Juga :  Kirab Pataka Dan Budaya Meriahkan Peringatan Hari Jadi Pemalang ke-449

Meskipun memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih, Ketua DPRD juga mengingatkan bahwa DPRD memiliki fungsi sebagai pengawas, maka penting bagi DPRD untuk menjaga dan terus meningkatkan kinerja positif pemerintah.

“DPRD sebagai lembaga yang memiliki fungsi pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, mendorong agar kinerja positif ini dapat dipertahankan,” ujar Tatang.

Tatang juga mengajak seluruh unsur penyelenggara pemerintahan daerah untuk melakukan evaluasi menyeluruh, jujur, dan objektif terhadap semua program dan kegiatan yang pencapaiannya belum maksimal selama satu tahun terakhir.

Selain itu, Tatang juga menyoroti pentingnya perencanaan dalam pembangunan. Ia menekankan perlunya meningkatkan perencanaan pembangunan di semua lini penyelenggara pemerintahan, agar proses pembangunan dapat berjalan lancar dan tepat waktu sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

Baca Juga :  PTPN-1 Supporting Co Buka Puasa Bersama dan Santuni 200 Anak Yatim

Dalam kesempatan tersebut, Tatang Kirana tetap memberikan apresiasi terhadap sederet prestasi yang telah diraih oleh pemerintah daerah pada tahun 2023. Ia menjadikan capaian prestasi tersebut sebagai tolok ukur dan motivasi untuk meraih prestasi yang lebih baik di masa mendatang.

Diskusi mengenai prestasi pemerintah daerah ini merupakan bagian dari tanggapan Ketua DPRD Kabupaten Pemalang, Tatang Kirana. Ia merinci prestasi yang telah diraih, seperti penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak, penghargaan TOP BUMD Awards, dan penghargaan penurunan angka stunting. Tatang juga menyoroti pentingnya perencanaan dalam pembangunan. Dalam diskusi ini, Tatang berharap agar kinerja positif pemerintah dapat dipertahankan dan ditingkatkan.** ( Joko Longkeyang )