Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Karnaval Desa Jipang Kosambi Juara, Begini Kata Juri

114
×

Karnaval Desa Jipang Kosambi Juara, Begini Kata Juri

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Karnaval Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Brebes dalam rangka HUT RI ke-79 sudah digelar, Dukuh Kosambi mendapat predikat juara satu kontingen terbaik. Minggu, 25 Agustus 2024.

Kepala Desa (Kades) Jipang Dahro SPd mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh elmen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, Ia juga berharap kegiatan yang sama di tahun depan lebih baik lagi.

Salah satu kontingen sedang menampilkan aksi berupa budaya memohon turunya hujan dan menyampaikan aspirasi terkait penanganan sampah di desa.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat dalam hal ini masing-masing RW yang telah bersusah payah dalam menyumbangkan tim kontingennya. Tak lupa terimakasih dan apresiasi setingi-tingginya untuk para panitia yang sudah berkerja keras sehingga kegiatan peringatan HUT RI bisa berjalan sukses dan meriah,” katanya.

Baca Juga :  Enam PRM-PRA di Kecamatan Bumiayu Brebes Gelar Musyran Secara Serentak

Berdasarkan keterangan dari salah satu dewan juri karnaval Desa Jipang Jimmy HC Alfaizin memaparkan, untuk keseluruhan kontingen karnaval antar RW se Desa Jipang sudah menampilkan yang terbaik. Dan menurutnya secara keseluruhan para peserta karnaval dari masing-masing RW sangat bagus.

Penampilan bagus bisa di amati dari berbagai susunan dan rangkaian dalam kontingen peregunya.

Ada beberapa yang menjadi penilaian kategori, baik dari kekompakan jumlah partisipatif warga, serta dari beberapa unsur lainya seperi kekompakan, unsur kerapihan, unsur keunikan, dll.

“Dari peserta kontingen ada beberapa kemiripan namun ada juga keunikan tersendiri dari masing-masing peserta seperti, adanya pesan sosial dan penyampaian kritik dan unsur-unsur lainya.

Hal ini yang membedakan dan memiliki poin tersendiri,” ungkap Jimmy, yang juga merupakan salah satu pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Brebes dan sekertaris kesenian Pusdimik Indonesia asal Kecamatan Tonjong.

Baca Juga :  Jumlah Pengunjung Cipanas Buaran Lebaran H+5 Menurun Dibanding Lebaran Tahun Lalu

Lebih lanjut, Jimmy mengatakan, kesenian di Desa Jipang sangat luar biasa, aneka ragam seni dan budaya di Desa Jipang memiliki karateristik yang berbeda dan saya harap bisa semakin di tingkatkan lagi.

“Ini hal berbeda menurut saya, seperti contoh kesenian musik calung yang mirip kesenian kentongan Banyumasan namum ada beberapa perbedaan dengan disisipi kesenian calung dari Jawa Barat,” paparnya.

Peserta karnaval Desa Jipang merupakan perlombaan yang dimeriahkan masing-masing RW dengan jumlah 8 RW se Desa Jipang dengan perolehan yaitu;

Juara ke 1 dengan perolehan nilai 1485 diraih Dukuh Kosambi RW 07.

Juara ke 2 Dukuh Cikokol RW 06, dengan nilai 1483.

Dan untuk Juara ke 3 dengan perolehan poin 1438 diraih oleh Bintang Timur RW 05.***