Scroll ke Atas
Berita Utama

PMI Kabupaten Pemalang Gelar Donor Darah, Target 400 Kantong Terlampaui

1289
×

PMI Kabupaten Pemalang Gelar Donor Darah, Target 400 Kantong Terlampaui

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – PMI Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, sukses menggelar kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT PMI ke-79 tahun 2024. Acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Pemalang pada Selasa (17/9/2024) ini berhasil melampaui target pengumpulan darah yang awalnya dipatok sebanyak 400 kantong.


Antusiasme masyarakat dan ASN di Kabupaten Pemalang dalam berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini sangat tinggi. Hal ini tidak terlepas dari instruksi Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T., M.Ling, yang mendorong seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan kemanusiaan ini.
“Dengan adanya instruksi dari Bapak Bupati, antusiasme masyarakat dalam mendonorkan darah sangat tinggi. Bahkan, jumlah peserta yang hadir melebihi target 400 kantong,” ujar Ahmad Fatah, Ketua PMI Kabupaten Pemalang.

Baca Juga :  Bupati Ajak DPRD dan Pemerintah Kabupaten Pemalang Jalin Komitmen Bersama Pada Sosialisasi Anti Korupsi


Ahmad Fatah menjelaskan bahwa kebutuhan darah di Kabupaten Pemalang saat ini cukup tinggi, mencapai 1700-1800 kantong darah. Dengan adanya kegiatan donor darah seperti ini, kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.
“PMI Kabupaten Pemalang harus menyediakan 1700-1800 kantong darah setiap bulannya. Dengan kegiatan donor darah seperti ini, kebutuhan darah di Kabupaten Pemalang bisa terpenuhi,” tambah Ahmad Fatah.
Untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dan memenuhi kebutuhan darah, PMI Kabupaten Pemalang menerapkan strategi jemput bola. Setiap ada kegiatan yang melibatkan PMI, petugas akan datang langsung ke lokasi untuk melakukan pengumpulan darah.
“Kami juga membuka kesempatan bagi masyarakat, organisasi, dan LSM di Kabupaten Pemalang yang ingin mengadakan kegiatan donor darah. Silahkan hubungi kami dan kami akan jadwalkan petugas untuk datang,” jelas Ahmad Fatah.
Dalam kesempatan tersebut Ahmad Fatah juga mengingatkan tentang pentingnya jeda waktu yang ideal untuk donor darah, yaitu 75 hari atau 3 bulan. Hal ini untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pendonor.
Suksesnya kegiatan donor darah ini menunjukkan kepedulian masyarakat Kabupaten Pemalang terhadap sesama. Dengan terpenuhinya kebutuhan darah, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Pemalang.( Joko Longkeyang )