Scroll ke Atas
Berita Utama

Puluhan Bidan di Pemalang Mengikuti Pelatihan Poster Penting Program 1000 Days Fund

55
×

Puluhan Bidan di Pemalang Mengikuti Pelatihan Poster Penting Program 1000 Days Fund

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa tengah telah melakukan berbagai upaya penurunan angka stunting di Provinsi Jawa Tengah, salah satunya dengan melakukan pencegahan menggunakan Poster Pencegahan Stunting (Poster Penting). 
Bertempat di aula Dinas Sosial KBPP Pemalang, BKKBN bekerja sama dengan Yayasan Seribu Cita Bangsa melalui program 1000 Days Fund mensosialisasikan Poster Penting yang diikuti oleh puluhan bidan atau Tim Pendamping Keluarga (TPK). Kamis 8 Desember 2022.
Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) pada Dinas Sosial KBPP Pemalang Noor Hidayati melalui Subbid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Katemin menyampaikan, sosialisasi Poster Penting yang dilakukan BKKBN perwakilan Jawa Tengah dalam rangka penurunan angka stunting.
“Ini sebagai upaya BKKBN Jawa Tengah menurunkan angka stunting di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Pemalang dengan media Poster Penting,” ujar Katemin di sela-sela kegiatan.
Sementara, Rama selaku Officer Yayasan Seribu Cita Bangsa mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan BKKBN Nasional dalam mensukseskan penurunan dan pencegahan stunting yang sudah menjadi program kesehatan nasional.
Upaya tersebut, salah satunya dengan mensosialisasikan Poster Penting yang menyasar langsung ke rumah tangga melalui Tim Pendamping Keluarga (TPK) ataupun bidan.
“Dalam poster tersebut tersedia berbagai macam informasi yang bisa disampaikan TPK ke rumah tangga sasaran,” katanya.
Selain memuat informasi tentang stunting dan cara pencegahannya dalam poster tersebut juga mempermudah memantau pertumbuhan ibu hamil dan bayi di bawah 2 tahun (Baduta).
Dirinya berharap dengan adanya program ini nantinya bisa ada perubahan pola perilaku dan masyarakat lebih tahu tentang stunting.
“Kami harap dengan tersedianya informasi dalam poster, masyarakat lebih sadar stunting itu apa, bahaya stunting dan cara mencegahnya,” ujarnya.
Rama membeberkan, Yayasan Seribu Cita Bangsa fokus kepada penurunan stunting karena ingin mengakselerasi program nasional yaitu percepatan penurunan stunting dengan zero stunting, khususnya di Kabupaten Pemalang dan Jawa Tengah.
“Kita kerjasama dengan stakeholder yang ada dalam penurunan angka stunting di Indonesia agar di tahun 2030 nanti zero stunting,” bebernya.
Terpisah, Kordinator Bidang Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Warno mengungkapkan, sosialisasi Poster Penting merupakan tindak lanjut dari orientasi yang sebelumnya telah dilakukan BKKBN terhadap TPK.
“Ini tindak lanjut dari orientasi Tim Pendamping Keluarga yang telah dilakukan, dengan poster penting ini dapat memantau perkembangan ibu hamil dan Baduta,” ungkap Warno usai kegiatan orientasi percepatan penurunan bagi Camat Se-Eks karisidenan Pekalongan, di Hotel Regina Pemalang, Kamis 8 Desember 2022.
Menurut Warno, dalam memantau perkembangan ibu hamil dan Baduta, nantinya TPK akan mendata sasaran rumah tangga yang memiliki ibu hamil dan baduta untuk diwajibkan menempel poster penting di rumahnya.
“Dalam Poster Penting itu didalamnya ada kode QR yang wajib di scan, kemudian pertumbuhan bayi akan dipantau oleh kader ataupun bidan untuk mendeteksi keluarga dengan anak beresiko stunting,” tuturnya.
“Karena BKKBN mentargetkan prevalensi angka stunting di Indonesia mencapai 14% di tahun 2024. Untuk mencapai angka itu, maka dibutuhkan inovasi salah satunya adalah program Orientasi Poster Penting,” pungkasnya. 
Penulis : Sasongko 

Baca Juga :  Akhiri Masa Tugas, Dubes India Kunjungi Bakamla RI