Scroll ke Atas
Kesehatan

Dinkes Brebes Gelar Ukom Bagi Perawat Puskesmas dan Rumah Sakit.

78
×

Dinkes Brebes Gelar Ukom Bagi Perawat Puskesmas dan Rumah Sakit.

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Sejumlah 73 Tenaga Kesehatan khususnya perawat dari Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Brebes mengikuti pelaksanaan Uji Kompetensi (Ukom) Jabatan Fungsional Kesehatan (Jabfungkes) bertempat di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Rabu, 10 Mei 2023.
Dikutif dari halaman facebook Dinkes Brebes, acara Ukom Jabfungkes dibuka oleh Kepala Dinas Kabupaten (Kadinkes) Ineke Tri Sulistyowaty, SKM, M.Kes dan akan berlansung selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (10-11).
Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja pejabat fungsional kesehatan yang dilakukan oleh tim penguji, dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi.
Inke menyampaikan bahwa, Ukom ini merupakan tolak ukur bagi petugas kesehatan (Perawat) agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, secara lebih kompeten dan profesional.
“Ukom Jabfungkes ini sangat penting, mengingat pejabat fungsional kesehatan akan melaksanakan pekerjaannya dengan lingkup yang sangat luas di bidang kesehatan,” ungkapnya.
Inke menerangkan, pelaksanaan Ukom tersebut terdiri dari Uji Portofolio yang sudah dikumpulkan peserta melalui uji tulis dan uji wawancara (lisan). Sebelumya mereka juga sudah mengumpulkan persyaratan administrasi serta portofolio yang terdiri dari rincian tugas dan pekerjaan. terang Inke.
Hadir sebagai tim penguji sejumlah 15 orang, terdiri dari tim penguji Jabatan fungsional perawat ahli, tim penguji jabatan fungsional perawat terampil, mereka berasal dari organisasi profesi kesehatan khususnya PPNI di Kabupaten Brebes.
Berdasarkan keterangan, teknis pelaksanaan uji kompetensi antara lain peserta dipanggil sesuai nomor kehadiran dan tim penguji akan melakukan penilaian berkas portofolio dan interview kepada masing-masing peserta uji.
“Saya berharap para peserta Uji Kompetensi dapat melaksanakan kegiatan dengan baik serta mendapatkan hasil yang memuaskan,” pungkas Inke. (Yayan E).

Baca Juga :  Wakili Polres, Kapolsek Brebes Hadiri Peringatan HKN ke 58