Scroll ke Atas
Pendidikan

Direktur MBS Zam-Zam Cilongok Banyumas: Jadilah Kader-kader Ulama dan Zu’ama Muhammadiyah Militan dengan Kompetensi Keilmuan Islam Unggul dan Mumpuni

73
×

Direktur MBS Zam-Zam Cilongok Banyumas: Jadilah Kader-kader Ulama dan Zu’ama Muhammadiyah Militan dengan Kompetensi Keilmuan Islam Unggul dan Mumpuni

Sebarkan artikel ini
Sambutan Direktur PPM Zam-Zam Cilongok Banyumas.

EMSATUNEWS.CO.ID, BANYUMAS – Sebanyak 282 wisudawan-wisudawati mengikuti secara hikmat proses Wisuda/ Haflah Takharruj Santri Angkatan ke-IX SMA MBS Zam-zam yang digelar oleh Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah (PPM Zam-Zam) Cilongok Banyumas di Aula Kampus 2 Pondok Putri, Banyumas, Sabtu, (20/5/2023).
Ustadz Arif Fauzi, Lc, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut mensukseskan acara Wisuda Santri Angkatan Ke-IX SMA MBS Zam-zam sehingga acara hari semakin meriah, mengharukan dan mengesankan.
“Belajar di Pesantren merupakan bagian dari jihad yang sangat mulia, yang membutuhkan keikhlasan, perjuangan dan pengorbanan. Jadilah Kader-kader Ulama dan Zu’ama Persyarikatan Muhammadiyah Militan Yang Kompetensi Keilmuan Islam dengan Karakter Unggul dan Mumpuni yang telah didapat di Pesantren melalui IPM, HW, Tapak Suci dan penguatan skill di pesantren, sehingga mampu membentuk kepribadian baik yang bermanfaat untuk umat, persyarikatan dan bangsa,” pesan Direktur.
Pada kesempatan yang sama, KH. Drs. M. Djohar, M.Pd memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder PPM Zam-zam Cilongok yang telah melakukan percepatan yang sangat luar biasa.
“Kita tahu PCIM di Amerika Serikat SDM-nya luar biasa, nanti bisa ditularkan pengembangan bagi ustadz-ustadzah di PPM Zam-Zam dan juga kegaitan dakwah, siapa tahu ada alumni Zam-Zam yang bisa kuliah di AS lalu melakukan dakwah di sana. Kita buka pintu dunia ini melalui PPM Zam-Zam Muhammadiyah,” ungkap Ketua PDM Banyumas.
Para Wisudawan Angkatan IX MBS Zam-Zam Cilongok.

Ungkapan senada juga dikemukakan Ketua Badan Pembina Pesantren (BPP) PPM Zam-zam sekaligus Ketua PCM Cilongok KH Casiwan HS.
“Kalian adalah anak-anak yang sangat luar biasa, selamat dan sukses, jagalah nama baik persyarikatan, amalkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan, ingatlah ikrar alumni yang telah diucapkan,” kata KH Casiwan HS dalam pesan yang disampaikan.
Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso, S.Kep., Ns., M.Kep mengutarakan kekagumannya atas keberhasilan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah (PPM Zam-Zam) Cilongok, Banyumas yang mendidik, dan mengawal proses pembelajaran santri selama 24 jam dan pembangunan karakter serta penguatan skill yang sangat luar biasa.
“Selamat dan sukses untuk para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan selama enam tahun di PPM Zam-zam. Selamat pula kami sampaikan kepada para wisudawan yang telah diterima di PTN dan PTS terbaik. Ini sangat menginspirasi dan menjadi kebanggaan bagi orang tua wali santri dan almamater. Semoga PPM Zam-zam Cilongok kebanggan kita semua ini bukan hanya menjadi Pesantren nomer dua milik Persyarikatan Muhammadiyah, namun akan menjadi Pondok Pesantren Muhammadiyah terbesar di dunia karena sepak terjangnya sudah go international,” puji Rektor UMP Prof. Dr. Jebul Suroso, S.Kep., Ns., M.Kep seraya mengajak para lulusan yang belum menemukan perguruan tinggi agar menjadikan UMP dijadikan kampus pilihannya.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama (MoU) antara PPM Zam-Zam Muhammadiyah oleh Ustadz Arif Fauzi, Lc, M.Pd selaku Direktur dengan UMP oleh Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso selaku Rektor, terkait dengan upaya-upaya peningkatan kualitas layanan meliputi bidang pendidikan, sumber daya manusia serta pengabdian masyarakat. Selanjutnya dilakukan MoU antara PPM Zam-Zam Muhammadiyah dengan Pimpinan Cabang Istimewa (PCIM) Amerika Serikat diwakili oleh Duta Mardin Umar. Kepala SMA MBS Zam-Zam, Ustadz Pandi Yusron, B.SH., M.H, memaparkan bahwa jumlah keseluruhan santri yang diwisuda adalah 282 anak telah dinyatakan lulus 100 prosen. Mereka terdiri dari 115 putra dan 167 putri yang tersebar dari santri Program IPA: 109 anak, Program IPS: 83 anak, Program Bahasa dan Budaya: 43 anak, Program KMI: 47 anak. 
“Secara umum mereka lulus dengan hasil yang memuaskan dengan torehan-torehan prestasi akademik maupun non-akademik. Untuk capaian tahfidz, rata-rata wisudawan/wati telah memiliki hafalan 5 juz ke atas, dengan rincian hanya 17 prosen dari total santri yang mencapai target pas, yaitu 3 juz dalam setahun. Selebihnya atau 83 % telah melampaui target. Santri hafal antara 4 – 9 juz (204). Hafalan 10 – 19 juz (22 santri), hafalan 20 – 29 juz (3 santri) dan yang selesai 30 juz (3 santri). Sedangkan keterserapan study lanjut di perguruan tinggi, meskipun baru diwisuda, ada 117 anak (41,5 %) yang sudah diterima di PTN dan sebanyak 68 anak diterima di PTS dan yang terbanyak adalah di UMP sejumlah 24 anak yang dua di antaranya diterima di Fakultaas Kedokteran. Santri lainnya masih berproses masuk di Universitas Madinah dan Turki. Sementara dalam bidang non akademik, santri MBS Zam-zam dapat berprestasi tingkat Kabupaten/ Kota tingkat Karesidenan (29), Prestasi tingkat Provinsi (8), prestasi tingkat Nasional (23). Jadi total ada 60 kejuaraan untuk santri yang saat ini diwisuda. Ini merupakan anugerah tersendiri buat kami PPM Zam-Zam, mengingat pondok terbesar di Jawa Tengah ini bukan pondok khusus tahfidz. Di sini anak-anak ditempa dengan berbagai kegiatan, mapel saja ada 22, tetapi mereka masih bisa menghafal al-Qur’an dengan capaian yang sangat menggembirakan dan membanggakan”, tandas Wadir Tarbiyah.
Kegiatan Wisuda Santri Angkatan IX yang berlangsung meriah dan hikmat tersebut diawali dengan penampilan group Hadroh Santriwan dan Tari Saman Santriwati MBS Zam-zam dan disemarakkan oleh Paduan Suara Santriwati yang membawakan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan Mars MBS Zam-zam yang sangat memukau para hadirin.
Upacara wisuda Santri SMA MBS Zam-zam angkatan ke IX yang dimulai sejak pagi sampai siang dihadiri oleh Ketua PDM Banyumas (KH.Drs.M.Djohar As, M.Pd), Sekretaris Majelis Dikdasmen (H.Supriyadi, S.Pd), Kepala Kemenag Banyumas (KH.Drs.Ibnu Asadudin, M.Pd), PCM Cilongok, BPP PPM Zam-Zam, Jajaran pimpinan PPM Zam-Zam, para guru dan asatidz, serta orang tua/ pendamping santri, Formasi, para wakif bagi PPM Zam-Zam, Ketua Lazismu Banyumas (Sabar Waluyo, SE), perwakilan Pondok Pesantren Muhammadiyah di Barlingmascakebpek (al-Mumtazah Ajibarang: Kiai M.Syamsudin, S.Ag, M.Pd), (Darul Ulum Majenang Cilacap: Kiai Aly Syahbana, SE, MM dan Ustadz Haryono, S.Pd.I, M.Pd), (MBS Bumiayu: Ustadz Bambang Wahyu S, M.Pd dan Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd), (al-Mainah Patikraja: KH.Sismanan, S.Pd, M.Pd.I), Trenskul al-Muwahhid Purwokerto (Ustadz Tarqum Aziz, SHI, M.Pd), Forkompincam Cilongok, dan para relasi. Secara keseluruhan acara berlangsung lancar dan penuh khidmat.(Tarqum Aziz/Hamidin)

Baca Juga :  Kanit Binmas Polsek Bumiayu Sambangi SMKS Kerabat Kita Sampaikan Pembinaan dan Penyuluhan