Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Dinarpus Brebes Sosialisasikan Manajemen Arsip Digital di Non Fisik TMMD

46
×

Dinarpus Brebes Sosialisasikan Manajemen Arsip Digital di Non Fisik TMMD

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes memberikan sosialisasi dan pelatihan arsip dinamis aktif, dan inaktif, serta pengelolaan arsip statis, kepada perangkat Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog di aula balai desa setempat. Rabu (27/9/2023).

Dikemukakan pemateri Papang Yudi Prasetiyo  Arsiparis Ahli Muda Dinarpus Kabupaten Brebes, bahwa pengelolaan dokumen pemerintahan desa memang selayaknya mendapatkan perhatian khusus karena sejumlah arsip dokumen di desa belum terkelola dengan baik sehingga bisa menghambat pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Jenderal Amerika Terkesan Dengan Pelaksanaan Super Garuda Shield 2023

“Manajemen arsip yang baik menjadi salah satu kebutuhan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, terlebih saat ini pengarsipan menggunakan sistem digital, jadi ini yang kita sosialisasikan,” terangnya.

Menurutnya, dengan sistem online/digital, data akan cepat ditemukan dan mengurangi penumpukan arsip.

Baca Juga :  Dandim Sragen Resmi Tutup Karya Bakti Manunggal Guyub Rukun ke-18 Ds. Juwok

“Tak hanya teori, kita juga melatihkan praktek langsung pengelolaan arsip sehingga harapannya para peserta kedepan bisa menularkan ilmunya kepada perangkat yang lain,” tandasnya.

Papang menambahkan, dengan pengoptimalan arsip maka pembangunan desa bisa dipertanggungjawabkan dengan objektif. Itu karena salah satu peran arsip adalah sebagai rekam jejak dan sumber informasi khususnya dalam penyediaan bahan akuntabilitas publik. (Aan)