Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

RSUD Bumiayu Brebes Launching Aplikasi SIRENA, Apa itu SIRENA?

602
×

RSUD Bumiayu Brebes Launching Aplikasi SIRENA, Apa itu SIRENA?

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dalam mewujudkan pelayanan maksimal RSUD Bumiayu, Brebes ciptakan aplikasi SIRENA. Kegiatan Launching dan sosialisasi aplikasi SIRENA dilaksanakan di Aula RSUD pada Kamis, 7 September 2022.

Aplikasi SIRENA merupakan Sistim Informasi Rencana Anggaran yang dibuat RSUD Bumiayu dalam bentuk platfom digital sebagai alat untuk menampung setiap usulan kebutuhan dari setiap ruangan atau sub bidang layanan. Dengan layanan aplikasi Sirena tersebut diharapkan nantinya dapat mempermudah bagi pengelola perencanaan untuk mengcover setiap usulan yang sudah terinput dari aplikasi tersebut.

Direktur RSUD Bumiayu dr Dedi Iskandar Zulkarnaen MM mengapresiasi kinerja para tim yang sudah mampu menciptakan aplikasi Sirena sebagai pilot project rumah sakit.

Dalam sambutan Ia mengatakan, dengan Sirena kedepan RSUD akan memiliki sistem buton up, dimana dari masing-masing kepala unit dan ruangan bisa mengusulkan kebutuhannya melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga :  Ketua GNPK Kabupaten Brebes Lantik Pengurus GNPK RI Cabang Kecamatan Bulakamba Masa Bhakti 2022 – 2027

“Aplikasi Sirena ini merupakan project khusus dan merupakan skala prioritas, kedepan semoga dapat memberikan manfaat seiring dengan perkembangan rumah sakit,” terang Dedi.

Sementara itu selaku Ketua Tim Pilot Project Sirena Muhammad Silahudin SKep Nes MKes mengatakan, aplikasi Sirena lahir dari buah pemikiran tim meliputi berbagai bidang dari mulai tim teknis, tim administrasi dan semua user RSUD Bumiayu.

Menurutnya, gagasan membuat Sirena muncul berawal dari runtutan permasalahan dan keprihatinan para pemegang perencanaan yang kesulitan dalam permohonan pengajuan kebutuhan barang dan anggaran, dimana RSUD Bumiayu berdasarkan penilaian kinerja perencanaan dari Inspektorat Brebes berada di kategori cukup atau sekitar 71,5 pesen.

Baca Juga :  Iklan HUT Brebes Kepala Puskesmas & BlUD Bumiayu Brebes

“Alhamdulillah acara sosialisasi dan launching ini merupakan tahap akhir setelah sebelumya selama kurang lebih empat bulan melakukan pelatihan di BPKSDMD Provinsi,” ungkap Silah yang juga sebagai Kasubag TU di RSUD Bumiayu.

Lanjut Silah, dalam realisasi program Sirena pihaknya juga mendapat suport dari berbagai elmen, salah satunya dari Bank BPD Jateng yang akan siap membantu anggaran dalam mensukseskan program tersebut.

“Semoga dengan adanya platform berbasis digital yaitu Sirena mampu menjembatani dan mempermudah dari masing-masing kordinator ruangan dalam mengakses dan menyusun kebutuhan usulannya.” pungkasnya.

Dalam kegiatan Launching dan sosialisasi aplikasi Sirena tim menayangkan vidio tentang cara menggunakan aplikasi dan pengisian folder-folder yang ada didalam aplikasi tersebut. Disaksikan dan dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kesehatan, Inspektorat, BKAD, Bank BPD Jateng, serta Steakholder RSUD dan tamu undangan.***