Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Brigjen TNI Ujang Darwis Tutup TMMD Reguler 118 Kaliloka Brebes

75
×

Brigjen TNI Ujang Darwis Tutup TMMD Reguler 118 Kaliloka Brebes

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis M.B.A, tutup program TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes di Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023).

Menjadi inspektur upacara di Lapangan Ponpes Al Hikmah 2 Desa Benda Sirampog, Kasdam membacakan amanat Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono yang mengatakan bahwa program TMMD telah dilaksanakan selama lebih dari 8 dekade merupakan salah satu program bakti TNI dalam membantu pemerintah daerah mempercepat pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan, terutama di pedesaan dan di daerah terpencil.

“Tentu saja TNI tak bisa bergerak sendiri tanpa dukungan semua pihak. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada para prajurit, anggota Polri, Pemda, dan masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan telah bahu membahu bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pengecoran jalan, pembuatan gorong-gorong,pembangunan talud, jembatan, pos kamling, rehab mushola, dan gereja, serta Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dapat diselesaikan tepat waktu,” tuturnya mengapresiasi.

Lanjutnya, pencapaian sasaran fisik tersebut juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan atau sosialisasi seperti kesadaran bela negara, hukum dan Kamtibmas, etika budaya politik, kesehatan, pertanian, pendidikan, wawasan kebangsaan, narkoba, keagamaan, lingkungan hidup, serta pengetahuan kemandirian pengelolaan SDM dan SDA, ketahanan pangan.

Juga berbagai pelayanan kepada masyarakat secara gratis seperti penanganan stunting, KB Kesehatan, pelayanan publik dan kependudukan, Posyandu dan Posbindu, pengobatan ternak, serta kegiatan bakti sosial lainnya.

Baca Juga :  Fasilitas Layanan Publik Rutan Pemalang Dicek Kakanwil Kemenkumham, Ada Apa Gerangan?

Untuk itu Pangdam berharap walaupun program TMMD telah selesai namun dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong seluruh komponen bangsa, sekaligus mewujudkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat, sehingga sejalan dengan tema TMMD ke-118 yakni “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

Tema itu mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemda, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

“Selain di Desa Kaliloka Kabupaten Brebes, Kodam IV Diponegoro juga menggelar TMMD Reguler di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah yaitu di Kabupaten Purworejo, Kendal, dan Wonogiri. Selain empat kabupaten itu, seluruh kodim di jajaran Kodam IV Diponegoro juga menggelar TMMD imbangan atau TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara menyeluruh,” sambungnya.

Mengakhiri sambutan Kasdam menyampaikan beberapa perhatian dari pangdam yaitu untuk memelihara semangat kebersamaan, gotong royong, dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh berita negatif yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

“Selanjutnya adalah jaga dan pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang lama,” imbuhnya.

Puncak acara yaitu penyerahan alat-peralatan kerja TMMD, penandatanganan berita acara TMMD oleh Dansatgas TMMD dan Pj. Bupati Brebes, penyerahan berita acara sebagai tanda penyerahan hasil pembangunan, serta pemukulan kentongan sebagai akhir berakhirnya program lintas sektoral itu.

Baca Juga :  Babinsa Koramil 05 Weru Dampingi Poktan IV Desa Krajan Panen Raya Kedelai

Kasdam beserta rombongan juga menyempatkan diri memberikan bantuan sembako kepada masyarakat setempat, melihat dan membeli kerajinan UMKM masyarakat wilayah Kecamatan Sirampog dan sekitarnya, serta melakukan gunting pita sebagai tanda peresmian jalan rabat beton shand sheet TMMD sepanjang 695 meter lebar 3,5 meter, jalan tembus baru antar desa dan kecamatan (Desa Kaliloka Kecamatan Sirampog-Desa Linggapura Kecamatan Tonjong).

Turut hadir menyaksikan upacara penutupan program tersebut meliputi Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma S.Sos.MM.M.Han, PJ. Bupati Brebes Urip Sihabudin SH.MH, Dansatgas TMMD Reguler 118 Brebes/Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki, Forkopimda Brebes, Wakil Ketua DPRD Brebes Teguh Wahid Turmudi SH, Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono ST.MT.M.Tr.Hanla.CTMP, Dansatradar 214 Tegal Letkol Lek I Ketut Wiratmaja S.Si.T.M.I.Pol.

Kemudian Kepala Dinas BPBD Brebes Ir. Nushy Mansur M.Sc, Kakesbangpol Brebes diwakili Kasubag Kesbangpol Elly Rohmatul, Staf Ahli Bupati Bid Kemasyarakatan dan SDM Supriyadi S.Sos, Kadin Perwaskim Brebes Sutrisno SH.MH, Kadinpermades Brebes diwakil Kabid Kesbang Umiati SE.MM, Camat Sirampog Rade Andriana Younananeyah SSTP.Msi, Muspika Sirampog.

Pengasuh Ponpes Al hikmah 2 Benda KH. Sholahudin Masruri, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV Diponegoro Ny. Diah Mohammad Andhy Kusuma, Ketua Persit KCK Cabang XXIII Dim 0713 Brebes Ny. Esti Tentrem Basuki, Ibu-ibu Bhayangkari Polres Brebes, dan Ibu-ibu Dharma Wanita Sirampog, serta segenap Ormas seperti FKPPI, Hipakad, PPM, Banser, Pemuda Pancasila, dan para santri dan santriwati Ponpes Al hikmah 2 Benda Sirampog.