Scroll ke Atas
Berita Utama

Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Quran Bantarkawung Gelar Festival Anak Solih Indonesia

354
×

Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Quran Bantarkawung Gelar Festival Anak Solih Indonesia

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Quran (BADKO LPQ) Kecamatan Bantarkawung, Brebes menyelenggarakan kegiatan Festival Anak Sholih Indonesia (FASI) ke – II. Bertempat di TPQ Al Ikhlas Desa Jipang Ahad, 5 November 2023.

Hadir dalam Kegiatan, Kasi PD Pontren Kemenag Brebes, Ketua FKDT Bantarkawung, Pimpinan Ponpes Al Hamid, Kepala Desa dan Sekcam Bantarkawung.

Ketua BADKO Bantarkawung Dra Hj Ati Sopiyati MPd dalam sambutan menyampaikan Festival Anak Sholih Indonesia merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap 5 tahun sekali dimulai dari tingkat Kecamatan sampai dengan Nasional.

“Tema Fasi tahun ini yaitu Santri Hebat yang artinya hebat dalam prestasi, hebat dalam mengaji dan berakhlakul karimah,” ucap Sopiyati.

Dalam kegiatan Fasi kali ini digelar beberapa perlombaan, untuk perlombaan dibagi menjadi dua jenjang.

Jenjang pertama adalah Taman Kanak-Kanak (TK) Al Quran usia 4-7 tahun. Jenjang kedua Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) usia mulai 7-12 tahun dengan bermacam-macam lomba dipertandingkan mulai dari tartil Al-Quran, adzan dan iqomah, peragaan shalat, menggambar, mewarnai gambar, ikrar dan puitisasi terjamah Al Quran, serta ceramah Agama Islam.

Baca Juga :  Warga Ramai-Ramai Ngecor Tiang Jembatan Gantung, Agar Tak Terisolasi

“Kegiatan ini diikuti oleh 60 TPQ dengan jumlah peserta sebanyak 960 santri,” tegasnya.

Camat Bantarkawung Selamet Budi Raharjo SIP yang diwakili oleh Sekcam Agus dalam sambutan menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Badko LPQ Bantarkawung.

“Fasi merupakan kegiatan yang sangat penting , karena di Masyarakat saat ini banyak terjadi kenakalan pada anak, dan ini merupakan salah satu upaya agar anak lebih disiplin, memiliki pengetahuan agama dan berakhlakul karimah,” ungkap Agus.

Sementara itu Kepala Desa Jipang Dahro SPd dalam sambutan menyampaikan, dirinya bangga dan sangat antusias karena kegiatan ini dilaksanakan di Desa Jipang dengan peserta yang luar biasa banyak.

“Harapan saya mudah-mudahan para alumni TPQ menjadi alumni yang berkualitas, mempunyai skill dan tidak kalah penting memiliki akhlakul karimah,” harapnya.

Baca Juga :  Hadapi Tantangan Global Ansor Salem Dibekali Kemampuan Cyber Media

Lebih lanjut, Dahro berharap di masa depan para alumni dapat menjadi modal pembangunan, bukan menjadi beban pembangunan.

Berikut jumum pada FASI ke – II Kecamatan Bantarkawung yaitu;

1. TPQ Hidayatul Hikam – Desa Legok.

2. TPQ Tarbiyatul Athfal- Desa Telaga.

3 TPQ Al Hidayah – Desa Waru.

Kegiatan Fasi dibuka oleh Kasi PD Pondok Pesantren (Pontren) Kemenag Kabupaten Brebes Ahmad Fauzi MPd. Ahmad Fauzi dalam sambutanya menyampaikan, dari 17 kecamatan di Brebes hanya ada 9 kecamatan yang menyelenggarakan Fasi tahun ini, salah satunya yaitu di Kecamatan Bantarkawung yang luar biasa begitu meriahnya.

Disamping itu, tutur Ahmad Fauzi, Kecamatan Bantarkawung, merupakan kecamatan yang memiliki TPQ, Madrasah Diniyah, dan Ponpes terbanyak di Kabupaten Brebes.

“ini merupakan media yang sangat strategis untuk menanamkan sikap-sikap beragama. Dengan adanya Festival/perlombaan ini diharapkan, apa yang kita ajarkan apa yang kita tanamkan akan bisa dilihat hasilnya,” tuturnya.

“Selain itu dengan adanya Fasi ini mudah-mudahan kita bisa melihat dimana kelemahan kita, sehingga kedepan bisa memperbaiki dan lebih berkualitas,” pungkasnya. (Emha/Yyn).