Scroll ke Atas
banner 970x250
DaerahPemalang

DPRD Gelar Rapat Paripurna, Bupati Pemalang Sampaikan Pandangan Terhadap Raperda KLA Dan Halal

225
×

DPRD Gelar Rapat Paripurna, Bupati Pemalang Sampaikan Pandangan Terhadap Raperda KLA Dan Halal

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang  – Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T, mengungkapkan pandangannya terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Produk Makanan Halal. Dalam rapat Propemperda Tahap II Tahun 2023, Bupati mengapresiasi inisiatif DPRD Kabupaten Pemalang dalam menyusun Raperda KLA sebagai langkah strategis dalam mewujudkan Kabupaten Pemalang yang layak bagi anak-anak.

Advertisement
banner 970x250
Scroll Untuk Baca

Raperda KLA memiliki konsekuensi anggaran dan kebijakan yang krusial, terutama terkait Rencana Aksi Daerah Kabupaten Layak Anak. Rencana ini mencakup kebijakan, program, dan penganggaran pembangunan serta pelayanan publik selama lima tahun yang bertujuan untuk memenuhi hak-hak anak dan mencapai indikator Kabupaten Layak Anak. Bupati juga menekankan pentingnya keterlibatan Kepala Perangkat Daerah (OPD), seperti Dinsos KBPP, Bappeda, dan Disparpora, dalam pembahasan Raperda KLA.

Baca Juga :  Melalui FWG, Plt. Bupati Pemalang Ajak Masyarakat Tumbuh Kembangkan Perekonomian Rakyat

Sementara itu, terkait Raperda tentang Produk Makanan Halal, Bupati sepakat bahwa Pemerintah Daerah perlu memberikan fasilitasi dalam hal ini. Namun, ia juga menegaskan bahwa Raperda tersebut harus sesuai dengan kewenangan Pemerintah Pusat. Untuk itu, Bupati meminta keterlibatan OPD seperti Diskoperindag, Bagian Kesra Setda, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pertanian dalam pembahasan Raperda Produk Makanan Halal.

Dengan pandangan Bupati Pemalang yang proaktif dan kolaboratif, diharapkan Raperda Kabupaten Layak Anak dan Produk Makanan Halal dapat memberikan perlindungan dan pemenuhan kebutuhan yang optimal bagi anak-anak serta masyarakat Pemalang secara keseluruhan.**( Joko Longkeyang )