Scroll ke Atas
Berita Utama

Waspada !!! Peserta Seleksi PPPK 2023 Jangan Sampai Tergiur Oknum dan Calo

137
×

Waspada !!! Peserta Seleksi PPPK 2023 Jangan Sampai Tergiur Oknum dan Calo

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional 1 Yogyakarta Paulus Dwi Laksono mengingatkan calon peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), jangan sampai tergiur dengan bujuk rayu calo ataupun oknum.

Untuk itu, dirinya mewanti-wanti kepada calon peserta maupun keluarganya agar tetap waspada terhadap tipu daya oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini disampaikannya saat memantau seleksi PPPK Sesi 1, di Aula BKN setempat, Yogyakarta, Minggu (19/11/2023).

“Seleksi akan digelar secara transparan dan akuntabel dengan sistem Computer Assisted Test (CAT),” ungkapnya.

Lanjut Paulus, dengan sistem CAT, hasil test dapat dilihat penayangannya dari detik ke detik di kanal Youtube BKN Regional Yogyakarta, dengan begitu nilai angka yang diraih peserta saat mengerjakan dapat langsung dilihat live.

“Penayangan perolehan nilai dari detik ke detik di kanal Youtube BKN semua bisa melihat langsung, untuk itu jangan mudah percaya dengan tipu muslihat calo,” tandas Paulus.

Paulus juga berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Brebes karena telah dipercaya sebagai penyelenggara seleksi PPPK formasi tahun 2023.

Baca Juga :  Gelar 0prasi Zebra Candi 2023 Ratusan Pengendara di Bumiayu Terjaring Razia

Persiapan sudah dilakukan sebaik mungkin, tutur paulus, dirinya berterimakasih atas dukungan personil Pemkab Brebes yang terlibat dalam prosesi seleksi sebelum pelaksanaan hingga peserta masuk ke ruang CAT.

“Puji Tuhan semua berjalan lancar dan para peserta merasakan nyaman dalam mengerjakan soal, jaringan internet dan listrikpun tercukupi dengan baik,” pungkas Paulus.

Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT juga berpesan kepada seluruh peserta dan keluarga peserta supaya yakin dengan kemampuan sendiri, karena yang menentukan lulus dan tidaknya merupakan jerih payah dari peserta itu sendiri.

“Gunakan waktu mengerjakan dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh optimis,” pesannya.

Sekda juga memberi motivasi kepada peserta serta memimpin doa sebelum test dimulai. Ia juga menegaskan bahwa, penyelenggaraan tes tersebut diselenggarakan secara transparan dan akuntabel.

“Jangan tergiur dengan calo yang menjanjikan bisa masuk menjadi PPPK, seleksi ini gratis, tidak dipungut biaya,” tegas Djoko.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Brebes Sumanta menjelaskan, terkait pelaksanaan CAT Ia menerangkan untuk sesi pertana peserta harus sudah log in sistem pada pukul 08.00.

Baca Juga :  Pemdes Pruwatan Gelar Festival Seni Budaya Sambut Idul Adha 1445 H

“Sebelumnya peserta harus melakukan proses registrasi dan lain-lain pukul 07.00 – 07.30,” papar Sumanta.

Jumlah peserta dari Kabupaten Brebes sebanyak 5141, untuk di Titik Lokasi BKN regional 1 Yogyakarta sejumlah 4020 orang, sementara untuk pelaksanaan di BKN Yogyakarta mulai 19-23 November2023.

“Hari pertama, ada 3 sesi di 2 ruang, masing-masing ruang kapasitas 150 peserta, untuk sesi pertama di Ruang 1 sesi 1 sejumlah 110 orang dari Brebes dan 40 orang dari Kemenpora. Di ruang 2 (Aula) sebanyak 150 orang dari Brebes,” imbuhnya.

Turut mantau seleksi PPPK antara lain Inspektur Nur Aly HY, Asisten Sekda bidang Administrasi Eko Supriyanto, Kepala Baperlitbangda Apriyanto Sudarmoko, Irban Wiriyanto, Sekretaris Inspektorat Sri Atun, dan Kabid Mutasi BKPSDMD Adi Nugroho.

Berikut rincian usulan formasi ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Brebes tahun 2023 yaitu formasi Tenaga Kesehatan sebanyak 825 orang, Tenaga Teknis 97, dan Tenaga Guru 1646 orang.***