Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Angin Puting Beliung di Kecamatan Moga, Bupati Pemalang Serahkan Bantuan

15
×

Angin Puting Beliung di Kecamatan Moga, Bupati Pemalang Serahkan Bantuan

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Bencana angin puting beliung melanda beberapa desa di Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada hari Rabu, 21 Februari 2024, pukul 14:00 WIB. Sebanyak 19 rumah warga di Desa Moga, Mandiraja, Banyumudal, dan Sima mengalami kerusakan akibat bencana ini. Menyikapi hal ini, Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, turun langsung ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

Selang sehari berikutnya Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, S.T., didampingi Kepala BPBD Pemalang, Andri, dan Ketua PMI Pemalang, Ahmad Fattah, menyerahkan bantuan berupa paket sembako dan uang tunai kepada warga yang terkena dampak angin puting beliung. Bantuan tersebut berasal dari Baznas, PMI, dan BPBD Pemalang dan penyerahan bantuan dilakukan di Balai Desa Banyumudal, Kecamatan Moga pada Kamis 22 Februari 2024.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati Mansur menjelaskan bahwa pihaknya bersama jajaran OPD terkait telah melakukan peninjauan ke lokasi bencana angin puting beliung dan memberikan bantuan dari PMI, Baznas, dan BPBD Pemalang. Langkah ini diambil sebagai respons cepat dalam penanganan bencana yang melanda Desa Banyumudal, Sima, Moga, dan Mandiraja.

Baca Juga :  Sat Lantas Polres Brebes Ajak Siswa SMP Jadi Pelopor Keselamatan

Bupati Pemalang juga berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi warga yang terdampak bencana dan meringankan beban mereka setelah rumah-rumah mereka rusak akibat angin puting beliung. Ia juga mengungkapkan harapannya agar kesabaran diberikan kepada mereka yang terkena musibah ini.

Kepala BPBD Pemalang, Andri Adi, menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima laporan dari Kepala Desa setempat mengenai dampak bencana akibat hujan lebat dan angin puting beliung. Bersama dengan relawan, TNI, dan masyarakat, BPBD Pemalang segera bergerak untuk menangani dan mengatasi kondisi darurat yang dihadapi warga. Mereka melakukan peninjauan dan penanggulangan bencana, termasuk pemotongan pohon dan evakuasi warga yang terancam.

Bencana angin puting beliung yang terjadi di Pemalang ini menjadi perhatian serius dari pihak berwenang. Melalui kerjasama antara pemerintah daerah, PMI, Baznas, dan BPBD, diharapkan bantuan yang diberikan dapat membantu memulihkan kehidupan warga yang terdampak dan membangun kembali rumah-rumah yang rusak akibat bencana tersebut.**( Joko Longkeyang )