Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Hujan Deras, Dua Desa Di Kecamatan Watukumpul Dilanda Bencana Tanah Longsor

458
×

Hujan Deras, Dua Desa Di Kecamatan Watukumpul Dilanda Bencana Tanah Longsor

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Dua Desa Di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dilanda bencana tanah longsor Minggu ( 4 /02/ 2024 ).

Disampaikan oleh Camat Watukumpul Agus Syarif Nurhadi ketika dihubungi via WhatsAppnya mengatakan dua desa yang dilanda bencana tanah longsor yaitu Desa Bongas dan Desa Cikadu.
” Kejadian tersebut terjadi sebagai akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut pada pukul 16.00 WIB di Dusun Bongas, Desa Bongas, kami bersyukur dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Namun, kerugian material cukup signifikan terjadi di beberapa rumah warga. Siti Muhimah (40 th) menjadi salah satu korban dengan kerusakan pada halaman belakang rumahnya. Kerugian yang dialaminya diperkirakan mencapai Rp.,50 juta . Selain itu, Huriyanto (55 th) juga mengalami kerusakan pada halaman belakang rumah yang mengalami longsor. Taksiran kerugian yang dialaminya sama dengan Ibu Siti, yaitu sekitar Rp .,50 juta, kejadian tersebut juga terjadi Di Desa Bongas, tebing juga longsor dan merusak pondasi pengamanan lahan rumah, dengan perkiraan kerugian mencapai Rp., 100 juta ,” kata Camat Watukumpul.

Baca Juga :  Bupati Pemalang Hadiri Acara Halal bi Halal KWK Pemalang 

Masih kata Camat Watukumpul, kejadian tanah longsor juga terjadi di Desa Cikadu,
pada pukul 17.30 WIB. Dua RT yang terdampak adalah RT.008/002 dan RT.001/001 di Dusun Krajan. Meskipun tidak ada korban jiwa, beberapa rumah warga mengalami kerusakan. Seperti rumah Waryo (70 th) dan Paing (54 th) adalah dua korban yang rumahnya tertimbun longsor. Kerugian akibat kerusakan tersebut diperkirakan mencapai 15 juta rupiah bagi masing-masing korban.

Baca Juga :  Tak Bisa Tangani Sampah, DPD Kawali Gruduk Gedung Dewan

Untuk penanganan darurat, masyarakat di kedua desa tersebut melakukan kerja bakti secara bersama-sama. Mereka bekerja keras untuk membersihkan material longsor dan memulihkan kondisi lingkungan sekitar.

Bencana tanah longsor yang melanda Desa Bongas dan Desa Cikadu menjadi peringatan bagi seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Diperlukan langkah-langkah pencegahan lebih lanjut untuk meminimalisir kerugian dan melindungi keselamatan warga di wilayah Kecamatan Watukumpul.( Joko Longkeyang )