Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Kabupaten Pemalang Sukses Melebihi Target Imunisasi Polio Tahap I

13
×

Kabupaten Pemalang Sukses Melebihi Target Imunisasi Polio Tahap I

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap I di Kabupaten Pemalang melebihi target sasaran. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, saat menyambut kunjungan Pj. Ketua TP PKK Provinsi Jateng pada pelaksanaan Sub PIN Polio Putaran 2 di Balai Desa Banjardawa, Wilayah kerja Puskesmas Banjardawa Kecamatan Taman. Sasaran imunisasi ini adalah 500 anak. Senin (19/2/2024).

Menurut Mansur, berdasarkan surat Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Nomor IM.02.03/C/4975/2023 Tanggal 28 Desember 2023, estimasi sasaran Sub PIN Kabupaten Pemalang adalah 150.261 anak. Namun, pada putaran pertama, jumlah anak yang telah mendapatkan vaksin nOPV2 mencapai 157.986 anak.

“Artinya 100,46 % melebihi dari target,” ungkapnya.
Mansur berharap agar anak-anak yang telah mendapatkan vaksin polio tahap pertama tetap melanjutkan imunisasi polio pada tahap kedua.
“Putaran kedua kita baru mulai hari ini dan harapannya anak yang kemarin sudah diimunisasi polio itu harus diimunisasi polio lagi, karena kalau yang pertama sudah diimunisasi polio tapi keduanya tidak itu tidak ada gunanya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Lima Peserta Calon Perangkat Desa Kebandaran Ikuti Ujian Praktek 

Sementara itu, CFO Unicef Jateng, Arie Rukmana, mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam pelaksanaan Sub PIN Polio tahap pertama.
“Apresiasi dan terimakasih kepada Pak Bupati dan Ketua TP PKK serta masyarakat Pemalang yang sudah berhasil dalam putaran pertama Sub PIN Polio,” ujar Arie.

Sebelumnya, Pj Ketua TP PKK Jateng, Shinta Nana Sujana, dalam arahannya menekankan kepada para orang tua, khususnya orang tua yang memiliki anak di bawah usia lima tahun, untuk tidak melupakan memberikan imunisasi yang diperintahkan oleh pemerintah, seperti imunisasi polio, BCG, DPT, dan lainnya.

“Harapannya anak-anak Indonesia, terutama anak-anak Jawa Tengah, tetap sehat dan berumur panjang,” tambahnya.
Dalam acara tersebut, dilakukan penyerahan bantuan sembako secara simbolis untuk kader PKK Kabupaten Pemalang dan penetesan PIN Polio oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Jateng, Assisten Pemkesra Jateng, serta Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang.**( Joko Longkeyang )