Scroll ke Atas
Berita UtamaPemalang

Bakal Ramai Pemalang dengan Digelarnya Festival Ketupat 

59
×

Bakal Ramai Pemalang dengan Digelarnya Festival Ketupat 

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Kabupaten Pemalang pasca lebaran idul Fitri akan digelar festival ketupat, yang akan diadakan oleh pemerintah setempat.

Nantinya puluhan ribu ketupat yaitu makanan dari hasil rebusan beras yang terbungkus dalam anyaman daun kelapa atau biasa disebut janur, akan dibagikan ke warga.

Festival ketupat atau orang Pemalang menyebutnya kupat ini akan digelar di Objek Wisata Pantai Widuri pada Minggu 21 April 2024 mendatang bertepatan dengan Hari Kartini.

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang yang menginisiasi acara ini berharap, nantinya akan banyak dikunjungi para wisatawan, tidak hanya lokal akan tetapi dari luar Pemalang diharapakan bisa berkunjung, menyaksikan moment langka ini.

Sekretaris Disparpora Pemalang, Sobirin ketika ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (18/4/2024 ) mengungkapkan, jika festival ketupat ini merupakan event pertama kali di Kabupaten Pemalang. Dalam festival ketupat tersebut nantinya bakal ada gunungan ketupat yang akan dibagi-bagikan ke warga, yang mengunjungi obyek wisata pantai Widuri.

Baca Juga :  DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ dan Pengumuman Usulan Ketua DPRD Dihadiri Bupati Pemalang

“ Nanti akan ada 30.000 ketupat yang akan dibagikan ke warga secara gratis, puncaknya kita akan makan bersama,” ungkap Sobirin.

Dari Pendopo Kantor Disparpora Pemalang atau sekitar area watermark Widuri, sebelum dibagikan kepada masyarakat, nantinya Gunungan ketupat akan di arak terlebih dahulu menuju Hall Sirkuit Pantai Widuri. Arak-arakan akan dipimpin langsung oleh Bupati Pemalang, Mansur Hidayat.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, puluhan ribu ketupat yang dibuat oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta instansi vertikal di Kabupaten Pemalang itu juga bakal diperlombakan.

Baca Juga :  Turnamen Catur Pemalang Cup 2 Resmi Dibuka Oleh Bupati Pemalang

“ Nanti akan kita lombakan gunungan ketupat antar peserta. bahan gunungan itu boleh divariasi dengan buah, sayur, atau bunga-bunga biar lebih cantik dan jadi nilai tambah,” jelasnya.

Tidak ketinggalan, panggung hiburan musik akan ikut memeriahkan Festival ketupat di pantai Widuri atau dahulu melegenda di sebut sebagai pantai telincing, bagi para peserta dan pengunjung, Diharapkan nantinya festival Ketupat ini, menjadi pemantik kedatangan para wisatawan untuk berkunjung, menikmati indahnya pantai Widuri yang tenang dan beberapa Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pemalang.

“ Respon baik, dari masyarakat kami harapkan, sehingga kedepannya festival ketupat ini bakal jadi agenda tahunan di Kabupaten Pemalang,” tutupnya ( Ragil ).