Scroll ke Atas
Berita UtamaNasionalPemalang

Bupati Pemalang Canangkan Bulan Dana PMI Tahun 2024 .

1481
×

Bupati Pemalang Canangkan Bulan Dana PMI Tahun 2024 .

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat,S.T., M.Ling. hari ini mencanangkan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang , Jawa Tengah Tahun 2024 dengan penyerahan secara simbolis sarana Bulan Dana PMI kepada penanggungjawab jalur di Pendopo Kabupaten setempat pada Selasa (11/6/2024).

Kegiatan Bulan Dana PMI yang diselenggarakan setiap tahun oleh PMI bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial sekaligus partisipasi masyarakat terhadap upaya-upaya kemanusiaan serta mendukung pelaksanaan tugas kemanusiaan PMI. Bupati menjelaskan bahwa PMI telah menjadi mitra kerja Pemerintah Daerah dalam membantu memberikan pelayanan kesehatan dan sosial kemanusiaan, utamanya di bidang kesiapsiagaan penanggulangan bencana, pembinaan keterampilan hidup sehat bagi pelajar dan remaja, serta penyediaan darah. Berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan PMI juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Oleh karena itu, dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak (termasuk seluruh elemen masyarakat) sangat dibutuhkan untuk mempertahankan peran dan eksistensi organisasi PMI.

Baca Juga :  Check Ramp Teknis Dan Admninitrasi Kendaraan di Terminal Bus Pemalang

Photo Istimewa
Photo Istimewa

Bulan Dana PMI Kabupaten Pemalang Tahun 2024 akan diselenggarakan selama 3 (tiga) bulan, dari tanggal 1 Juni sampai dengan tanggal 31 Agustus 2024 dengan target bersih sebesar Rp.1.200.000.000,-. Sasaran kegiatan Bulan Dana PMI antara lain, rumah tangga, ASN, TNI/POLRI, pegawai BUMN, BUMD, pengusaha, anggota DPRD, pemerintah desa, pemilik toko, warung, koperasi, pelajar, mahasiswa, lembaga keuangan, lembaga pendidikan, dan perusahaan.

Mekanisme distribusi sarana Bulan Dana PMI berupa kupon dan piagam telah diatur dalam petunjuk teknis pelaksanaan Bulan Dana PMI Kabupaten Pemalang Tahun 2024. Panitia penyelenggara diminta untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara memadai dan proporsional guna menumbuhkan rasa dan tanggungjawab sosial untuk membantu sesama secara sadar dan ikhlas.

Photo Istimewa
Photo Istimewa

Untuk mencapai target Bulan Dana PMI Kabupaten Pemalang Tahun 2024, Bupati juga meminta agar kegiatan ini dikelola dengan baik, transparan, dan akuntabel sehingga citra positif masyarakat tetap terjaga. Dana yang terkumpul juga harus dikembalikan dalam bentuk kegiatan dan penyaluran bantuan sosial kemanusiaan kepada masyarakat. Seluruh elemen masyarakat, termasuk jajaran Pemerintah, BUMD, dunia usaha juga diminta untuk bersama-sama menyukseskan Bulan Dana PMI Kabupaten Pemalang Tahun 2024.

Baca Juga :  Relawan Bolone Mas Gibran Pemalang Gelar Do’a Bersama untuk Menguatkan Dukungan

Kepala Kejari Pemalang, selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Pemalang Tahun 2024, Muib, S.H., M.H.Li, juga meminta dukungan, kerjasama dari semua pihak dan para Danramil agar secara maksimal membantu teknis pencapaian target Bulan Dana. Ia memastikan bahwa pendanaan PMI dapat diperoleh dari donasi masyarakat yang tidak mengikat. Perolehan Bulan Dana ini, utamanya untuk membantu penanggulangan bencana, kegiatan kemanusiaan, pembinaan Generasi Muda, baik Tenaga Sukarela, anggota Korps Sukarela maupun Anggota Palang Merah Remaja serta Kegiatan Kepalangmerahan lainnya.**( Joko Longkeyang )