Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Bupati Optimis, Pemalang Akan Alami Lonjakan IPM dari Dimensi Pendidikan dan Ekonomi 

1250
×

Bupati Optimis, Pemalang Akan Alami Lonjakan IPM dari Dimensi Pendidikan dan Ekonomi 

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah mengalami perkembangan yang positif dalam dimensi pendidikan dan ekonomi, menunjukkan optimisme yang tinggi dalam menuju kemajuan yang berkelanjutan. Dengan peningkatan kualitas pendidikan di berbagai sektor, diharapkan dimensi pendidikan akan berkembang pesat, memberikan landasan yang kuat bagi pertumbuhan dan kemajuan masyarakat Pemalang.

Di sisi lain, kehadiran perusahaan-perusahaan besar di Pemalang menjadi penopang bagi masyarakat dewasa untuk tidak urbanisasi. Mereka yang memiliki pendidikan relatif tinggi dapat terserap di perusahaan lokal, mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan daya beli penduduk. Untuk masyarakat dewasa yang tidak memiliki pendidikan formal, Pemerintah Daerah Pemalang menerapkan regulasi yang mendukung, seperti pendirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dengan biaya operasional minimal.

Baca Juga :  AKBP Arief: Laksanakan Penegakan Hukum Secara Professional, Proporsional dan Prosedural

 

Pertumbuhan ekonomi Pemalang pasca pandemi COVID-19 menunjukkan stabilitas yang tinggi, dengan pertumbuhan rata-rata di atas 4%. Sektor sekunder mulai memberikan kontribusi signifikan dan bersaing dengan sektor primer, memberikan peluang peningkatan nilai tambah dalam perekonomian. Hal ini juga berdampak positif pada penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Pemalang.

Baca Juga :  PDAM Tirta Mulia Pemalang Akan Melakukan Perbaikan Pipa Di Slarang

 

Munculnya pusat kegiatan ekonomi seperti pasar, mal, ruko, restoran, hotel, dan lembaga keuangan di Pemalang diyakini akan memudahkan akses masyarakat dalam bertransaksi dan meningkatkan perekonomian daerah. Pemkab Pemalang optimis bahwa lompatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Pemalang akan terus terjadi, membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang. Dengan kolaborasi antara pendidikan yang berkualitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, Pemalang siap menuju masa depan yang lebih baik dan sejahtera untuk semua.**( Joko Longkeyang )