Scroll ke Atas
Berita Utama

Ritual Krubung Gong Awali Grebeg Maulud Meriah di Desa Cibuyur

1195
×

Ritual Krubung Gong Awali Grebeg Maulud Meriah di Desa Cibuyur

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Desa Cibuyur, Kecamatan Warung, Kabupaten Pemalang, Jawa pada hari Senin (16/9/2024) dipenuhi kemeriahan. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024 dirayakan dengan meriah melalui acara Grebeg Maulud.

Acara diawali dengan ritual unik yaitu krubung gong. Gong ditutupi dengan kain yang memiliki makna mendalam, yaitu Kepala Desa wajib mengayomi dan melindungi warganya. “Menutupi gong adalah awal dari kegiatan grebeg Maulud tahun 2024 yang mempunyai makna sangat mendalam yaitu Kepala Desa Wajib ngayomi, melindungi warganya,” ungkap Kepala Desa Cibuyur, Yoyok Kusnodo.

Baca Juga :  Hujan Deras, Tembok Keliling Siregol Ambrol

Setelah ritual krubung gong, acara dilanjutkan dengan kirab gunungan dan ambeng berisi hasil bumi. Kepala Desa Cibuyur menyerahkan gunungan tersebut kepada Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T., M.Ling. Selanjutnya, gunungan akan didoakan oleh dalang ruwat bumi.

Malam harinya, masyarakat akan dimanjakan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Gatotkaca Winisuda Ratu Pringgodani”. Pagelaran ini akan dibawakan oleh Ki Gandhik Wayah Sugino yang berasal dari Banyumas.

Baca Juga :  Bupati Pemalang, Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa 

Kegiatan Grebeg Maulud ini diikuti oleh kelompok tani, tujuh sanggar seni lokal, dan seluruh masyarakat Desa Cibuyur. Kepala Desa Yoyok Kusnodo berharap acara ini dapat menjadi bentuk syukur kepada Allah SWT sekaligus memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.( Joko Longkeyang )