Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Memperingati Hari Mangrove Se Dunia 2022 Lanal Tegal Giat Tanam 5000 Mangrove di Par In Brebes

×

Memperingati Hari Mangrove Se Dunia 2022 Lanal Tegal Giat Tanam 5000 Mangrove di Par In Brebes

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dalam mempengati Hari Mangrove se-Dunia, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal dilakukan menanam 5.000 bibit batang Mangrove di Obyek Wisata Pantai Rangdusanga Indah (Par In) Brebes, Selasa (26/7/2022).
Komandan Lanal Tegal Letkol Marinir Moch Chanan Asfihani menjelaskan, penanaman Mangrove dalam rangka peringatan Hari Mangrove se-Dunia secara serentak di 77 titik Se Indonesia, salah satunya di lokasi Par In Brebes.
“Dipilihnya Par In sebagai tempat penanaman karena kondisi Mangrove di lokasi ini rusak parah, sehingga bibir pantai sering tergerus oleh ombak laut dan sering dilanda banji Rob,” ujarnya.
Selain itu, untuk mengembalikan ekosistem pantai dan laut maka perlu dilakukan penanam kembali pohon mangrove agar pantai makin rimbun dan bisa menahan banjir rob. 
Chanan Berharap apa yang dilakukan para TNI AL dengan mananam Mangrove bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Desa Rangdusanga Kulon Brebes.
Lanjut Chanan TNI AL selalu siap mengerahkan kemampuannya, manakala dibutuhkan.
“Ajaklah Kami di setiap kegiatan. Insya Allah Kami siap kerahkan kemampuan maksimal,” tuturnya.
Sementara Penanaman Mangrove dilakukan selain jajaran TNI AL, juga Pokdarwis, Pramuka dan unsur masyarakat umum lainnya. 
Tampak juga Wakil Bupati Brebesms Narjo ikut serta menanam mendampingi Danlanal Tegal dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemkab Brebes. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Narjo mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Danalanl Tegal. Untuk itu, diucapakan terimakasih kepada jajaran TNI A dan berterima kasih khususnya kepada Lanal Tegal yang telah berkontribusi melakukan penyelamatan lingkungan dari abrasi melalui kegiatan penanaman 5000 bibit Mangrove tersebut.
Lanjut Narjo pihaknya berharap, Mangrove yang ditanam dapat menjadi benteng pertahanan masyarakat Desa Rangdusanga dari serangan Abrasi dan banjir Rob yang selalu terjadi dari tahun ketahun.
“Menanam Mangrove tidak serta merta dapat dirasakan manfaatnya, tapi yakinlah bahwa manfaat besar akan dirasakan di kemudian hari, untuk anak cucu kita,” pungkasnya – (imam)
Baca Juga :  Pisah Sambut Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Bertempat di Aula Kejaksaan NegeriBrebes Jum’at