Scroll ke Atas
Berita Utama

Danramil 12/Bantarkawung Beri Apresiasi Durohman, Lansia Rajin Gotong royong

40
×

Danramil 12/Bantarkawung Beri Apresiasi Durohman, Lansia Rajin Gotong royong

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Salah satu warga Ciawi RT. 04/03 Desa Cibentang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes H. Durohman (75) warga yang memiliki semangat tinggi untuk membantu tim teknisi bangunan Kodim 0713 Brebes dalam melanjutkan pembuatan pondasi jembatan program TMMD Sengkuyung III di desanya.Durohman diusia yang sudah Lansia (Lanjut Usia) ini tidak menjadi penghalang bagi dirinya untuk andil membangun desanya. 
Meskipun usia dan tenaga yang tak kuat lagi, namun dengan semangatnya dia tetap tinggi dalam bergotong royong. 
Durohman mengatakan pihaknya merasa suka bekerja membantu program TMMD di wilayahnya dengan bertujuan agar lebih cepat selesai sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitarnya.
Tampak tim TMMD saat ini sibuk merampungkan pekerjaan pondasi jembatan berukuran 6 x 4,5 meter yang merupakan salah satu sasaran fisik TMMD Sengkuyung tahap III Kodim Brebes.
Sementara Pjs. Danramil 12 Bantarkawung Peltu Diono pihaknya mengapresiasikan dan mrrasa bangga dengan sosok kakek Durohman yang rela ikut kerja bakti bersama warga lainnya dalam membantu dan meringankan pekerjaan TNI yang sedang membangun jalan maupun jembatan.
“Kesemangatan kakek tua ini bisa menjadi tauladan bagi warga lain khisusnya yang masih muda untuk ikut lebih semangat membantu dan bergotong royong dalam pembangunan di desanya” ujarnya
Lanjut Diono, jalan dan drainase yang sedang dibangun melalui TMMD diantaranya jalan sepanjang 725 x 2.5 meter yang dilakukan dengan rabat betonisasi dan Shand Sheet.
yang sebelumnya merupakan jalan batu diperkeras dengan swadaya desa. Namun karena sering tertimbun longsor, maka lama-lama menjadi jalan setapak yang hanya dilalui warga untuk ke kebun pinus.
“Jalan sepanjang 725 meter itu nantinya akan menjadi jalan terdekat bagi anak-anak sekolah dari 3 dusun di Desa Cibentang yaitu Ciawi, Ciasem, dan Cimerak, untuk menuju ke sekolahan SMP satu atap yang ada di Cibentang atas, karena sebelumnya mereka harus memutar naik-turun tebing dengan jarak lebih dari 2 kilometer,” tuturnya.
Menurut Diono lokasi pekerjaan TMMD kali ini medannya cukup berat sehingga dengan bantuan seluruh pihak dan masyarakat tentunya akan menjadi ringan dan bisa selesai tepat waktu, terlebih juga telah dilakukan pekerjaan pendahuluan dalam pra TMMD yang sudah dimulai sejak 29 Agustus 2022 lalu untuk membangun 4 unit plat duiker guna memudahkan langsir material saat TMMD resmi dibuka. 
Kepala Desa (Kades) Cibentang Yanto mengatakan pihaknya mengerahkan warganya setiap harinya minimal sebanyak 30 orang, termasuk Durohman secara giliran dari masing-masing RT untuk membantu TNI di pelaksanaan TMMD Sengkuyung selama 30 hari (11 Oktober – 9 November 2022).
Menurut Yanto, desanya sangat beruntung tahun ini di desanya mendapatkan program pembangunan infrastruktur dan non fisik program TMMD (sosialisasi, penyuluhan, pelatihan keterampilan, dan pelayanan-pelayanan). ” Karena dengan program lintas sektoral itu dapat menghidupkan, memelihara, dan menyuburkan kembali budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakat Desa Cibentang,” pungkasnya – (imam)

Baca Juga :  YRID Siap Bantu Para Kades Melalui Kegiatan Workshop Tentang Kiat Sukses Kinerja Kades