Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat Canangkan Gemapatas

×

Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat Canangkan Gemapatas

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan pemasangan 1 juta patok secara serentak di seluruh Indonesia, Jumat, 3 Februari 2023.

Kegiatan pemasangan patok ini merupakan upaya mengakselerasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melalui Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas).

Advertisement
banner 970x250
Scroll Untuk Baca

Pelaksanaan Pasang Patok Anti Cekcok dan Anti Caplok, di Kabupaten Pemalang dipusatkan di Desa Sumurkidang, Kecamatan Bantarbolang.

Kegiatan pelaksanaan pemasangan satu juta patok secara serentak di seluruh Indonesia diawali mendengarkan sambutan dari Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto secara virtual. Kegiatan virtual diikuti dari Balai Desa Sumurkidang bersama Forkopimda Kabupaten Pemalang, Jumat (3 Februari 2023).

Kepala Kantor ATR/BPN Pemalang, Gusmanto mengatakan target pemasangan patok di Kabupaten Pemalang pada hari ini sejumlah 8000 patok dari 240 ribu patok di Jawa Tengah dan 1 juta patok di seluruh Indonesia.

“Dari data yang kami himpun ternyata kita melebihi, yaitu ada 8.350. Semoga lebih dari itu,” ungkapnya.

Ia pun menginformasikan bahwa di Kabupaten Pemalang, target tanah yang disertifikasi melalui program PTSL TA 2023 sejumlah 14.163 bidang. Menurutnya, jika dalam satu bidang terpasang 4 patok, maka sampai dengan selesainya PTSL TA 2023, secara keseluruhan patok yang terpasang di Kabupaten Pemalang sebanyak 56 ribu patok.

Dia menegaskan bahwa pemasangan patok batas wajib untuk semua masyarakat yang memiliki tanah atau aset, baik yang peserta maupun bukan peserta PTSL.

“Sesuai tagline kami dari Kementerian ATR/BPN, ‘ayo Pasang Patok, Anti Cekcok dan Anti Caplok’,” terang Gusmanto.

Dijelaskan bahwa kegiatan pencanangan pemasangan patok di Kabupaten Pemalang pada hari ini dilaksanakan di 8 desa secara bersamaan. Salah satunya di Desa Sumurkidang yang dijadikan pusat kegiatan pencanangan.

“Kami dari Kementerian ATR/BPN mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Forkopimda, Forkompimcam dan seluruh masyarakat pemilik tanah dalam rangka mensukseskan kegiatan hari ini dan suksesnya kegiatan PTSL Tahun 2023 di Kabupaten Pemalang. Semoga kegiatan ini akan memberikan dampak yang positif terkait dengan sertifikasi dan memberikan nilai ekonomi yang nilainya sangat besar untuk kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Sementara, dalam kesempatan ini, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pemalang, Plt Bupati Mansur Hidayat menyambut baik dan mendukung penuh terkait dengan pelaksanaan Gemapatas ini.

Menurut Mansur, hal ini sebagai wujud support/dukungan nyata Pemerintah Daerah terhadap kesuksesan dan keberhasilan pelaksanaan program berskala nasional yang diinisiasi oleh Kementerian ATR/BPN RI.

“Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Menteri ATR/BPN melalui slogan gerakan ini yaitu ‘Pasang Patok, Anti Cekcok, Anti Caplok’, Gemapatas tentunya disiapkan untuk mendukung tertib tata kelola pertanahan. Sehingga diharapkan sengketa tanah dapat diminimalisir,” tandasnya.

Selanjutnya dipenghujung kegiatan, dilakukan penandatanganan berita acara oleh Kepala Kantor ATR/BPN Pemalang, Gusmanto dan Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, disaksikan Kapolres Pemalang, Dandim 0711/Pemalang dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pemalang. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan patok di lokasi kegiatan.*

Penulis : Yanto

Baca Juga :  DPC PKS Bantarkawung Gelar Senam Nusantara, Dalam PKS Menyapa Secara Serentak