Scroll ke Atas
Berita Utama

5 Ustadz Muda Pesantren MBS Bumiayu Brebes Lakukan Safari Dakwah di Wilayah Banyumas dan Tegal Raya

59
×

5 Ustadz Muda Pesantren MBS Bumiayu Brebes Lakukan Safari Dakwah di Wilayah Banyumas dan Tegal Raya

Sebarkan artikel ini
Tabligh Akbar di Singasari Banyumas.

 

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – 5 Ustadz Muda Pesantren MBS Bumiayu Brebes melakukan safari dakwah Tarhib Ramadhan di empat Kabupaten eks. Karesidenan Banyumas, yaitu Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara plus Kabupaten dan Kota Tegal, Selasa (21/03/2023). 
Ustadz Is Abdurrahman menjelaskan bahwa untuk mempererat tali silaturrahmi, maka diperlukan adanya hubungan yang semakin akrab antara MBS Bumiayu dengan wali santri, sekolah asal santri dan para stakeholder serta pengelola AUM pendidikan. “Oleh karena itu, Pesantren MBS Bumiayu melakukan kegiatan safari dakwah sebagai ajang silaturrahmi sekaligus home visit,” ungkap Sekretaris Mudir MBS Bumiayu.
Aktivitas safari dakwah Pesantren MBS Bumiayu untuk tarhib Ramadhan dilakukan selama tiga hari, yaitu sejak hari Sabtu-Selasa (18-21 Maret 2023). Adapun tempat yang dituju adalah sebagai berikut:
Pertama, hari Sabtu, 18 Maret 2023 Pukul 08.00-24.00 WIB dengan tujuan: “PontrenMu Sabilul Rosyad Wanadadi Banjarnegara, Ramah Tamah dengan Tokoh Muda Wanadadi, Silaturrahmi dengan Tokoh Muhammadiyah Blambangan, Bawang, Banjarnegara, Kajian Ke-Islaman Ba’da Maghrib di Masjid 17 Purwokerto dan berakhir dengan tabligh akbar tarhib Ramadhan di Ranting Muhammadiyah Singasari, Karanglewas, Banyumas yang diinisiasi oleh Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah dan diikuti oleh ribuan jama’ah dan dihadiri oleh Forkompincab Kecamatan Karanglewas, PCM, PCA serta AMM se-Cabang Karanglewas plus jama’ah dari NU, Muslimat, Anshor dan fatayat dengan pengawalan dan penjagaan ketat dari KOKAM dan BANSER. Kegiatan ini diikuti oleh empat ustadz muda MBS Bumiayu, yaitu Ustadz Utsman Arif Fathah, Lc, M.Pd selaku pembicara didampingi oleh Ustadz Tarqum Aziz, M.Pd, Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd dan Ustadz Muhammad Khoirunnaza, S.Pd,” kata Ust Is Abdurrahman.
Diskusi dan sharing dengan stakeholder AUM Tegal.
Kedua, hari Senin, 20 Maret 2023 Pukul 08.00-24.00 WIB dengan tujuan: “Silaturrahmi dengan SDN Terlangu 01 Brebes dan SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna Tegal. Diskusi dan sharing dengan Kepala SMK Muhammadiyah, Kepala SMP Muhammadiyah 1 dan Kepala SD Budimulia Muhammadiyah Adiwerna Tegal. Silaturrahmi dengan pengusaha Slawi Tegal asal Purwokerto dan berakhir dengan dengan tabligh akbar tarhib Ramadhan di PCM Margadana Kota Tegal yang bertempat di SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal dengan pengawalan dan penjagaan ketat dari KOKAM. Kegiatan ini diikuti oleh empat ustadz muda MBS Bumiayu, yaitu Ustadz Utsman Arif Fathah, Lc, M.Pd selaku pembicara didampingi oleh Ustadz Tarqum Aziz, M.Pd, Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd dan Ustadz Is Abdurrahman”.
Ketiga, hari Selasa, 21 Maret 2023 Pukul 08.00-24.00 WIB dengan tujuan: “Silaturrahmi dengan MIM Mujur Lord an MIM Sikampuh Kroya dilanjutkan Ramah Tamah dengan Wali Santri di Desa Sikampuh Kroya Cilacap dan berakhir dengan sharing akbar tarhib Ramadhan dengan 200 santri dan pimpinan PontrenMu Daarul Falah di Masjid Daarul Falah Merden, Purwonegoro, Banjarnegara. Kegiatan ini diikuti oleh empat ustadz muda MBS Bumiayu, yaitu Ustadz Utsman Arif Fathah, Lc, M.Pd selaku pembicara didampingi oleh Ustadz Tarqum Aziz, M.Pd, Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd dan Ustadz Muhammad Khoirunnaza, S.Pd”.
Sementara itu, Ustadz Utsman Arif Fathah, Lc, M.Pd selaku Penceramah dalam kegiatan sfari dakwah tarhib Ramadhan menegaskan akan pentingnya rasa syukur sebagai media penguat dan pembangkit semangat dan spirit dakwah pergerakan persyarikan Muhammadiyah.
“Syukur adalah keterbukaan yang mencerahkan setiap pikiran dan gerak langkah manusia. Oleh karena itu, setiap stakeholder dan pengelola AUM Pendidikan sudah semestinya menjadikan syukur sebagai media dan piranti awal untuk menggelorakan semangat juang dalam meraih dakwah berkemajuan dalam bingkai persyarikatan Muhammadiyah pada wadah lembaga pendidikan, sehingga setiap sekolah dan Pesantren Muhammadiyah akan cepet berkembang secara pesat,” tegas Pengasuh MBS Bumiayu.
Pada kesempatan yang sama, Kiai Sutriyono, S.Ag menegaskan bahwa ada 5 ustadz muda telah melakukan safari dakwah dan silaturahmi untuk memperkokoh dakwah Islamiyah dan mempererat ukhuwah Islamiyah.
“Alhamdulillah dalam rangka tarhib Ramadhan 1444 H tahun ini, MBS Bumiayu dapat mengutus 5 Ustadz muda untuk melakukan safari dakwah dalam rangka mempererat dan memperkokoh jalinan ukhuwah Islamiyah dan tali silaturrahmi. Semoga kegiatan tersebut semakin memperkuat dan mengokohkan semangat juang kita dalam dakwah Islam melalui wadah lembaga pendidikan di persyarikatan Muhammadiyah”, ungkap Mudir MBS Bumiayu Brebes.*
Kontributor: Tarqum Aziz

Baca Juga :  Libur Idhul Fitri, BRI Brebes Buka Layanan Terbatas