Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Kesehatan

Bulan Puasa Stok Darah di PMI Kabupaten Pemalang Melimpah

×

Bulan Puasa Stok Darah di PMI Kabupaten Pemalang Melimpah

Sebarkan artikel ini
Ketua PMI Kabupaten Pemalang Ahmad Fatah.

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG – Palang Merah Indonesia (P M I) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dalam memenuhi kebutuhan stok darah selama bulan puasa dan dalam beberapa bulan terakhir ini cukup sibuk, pasalnya permintaan darah terus meningkat dan sampai sekarang masih bisa mencukupinya.
Hal tersebut disampaikan Ketua PMI Kabupaten Pemalang Ahmad Fatah, ketika disambangi di kantornya pada Rabu (29/03/2023 ) kemarin.
Saat ini, kata Fatah, stok darah cukup melimpah, hal tersebut dikarenakan faktor kesadaran masyarakat Kabupaten Pemalang dalam melakukan donor darah. 
“Alhamdulillah sa’at ini di Bulan puasa tahun 2023 stok darah di PMI Kabupaten Pemalang melimpah ini berkat kesadaran masyarakat dan sekarang malah masyarakat meminta untuk bisa menjadi pendonor darah sehingga kami akan keliling sesuai dengan jadwal yang telah kita buat dan perlu kami sampaikan sa’at ini PMI Kabupaten Pemalang bisa mencukupi kebutuhan darah sebanyak 1600 kantong darah sampai 1800 kantong darah untuk rumah sakit yang ada di Kabupaten Pemalang,” kata Fatah.
Dalam hal kesehatan, Ahmad Fatah mengemukakan, calon pendonor harus sehat dan untuk memverifikasinya sudah dimulai dari pengisian formulir pendaftaran yang selanjutnya akan diverifikasi oleh petugas, jika nyatakan memenuhi syarat, selanjutnya akan diambil darahnya, kemudian setelah selesai darah pendonor akan dicheck di laboratorium jika hasilnya bagus maka akan diberikan ke pasien yang membutuhkan. Namun, apabila dinyatakan tidak sehat selanjutnya akan dimusnahkan dan pendonor akan dipanggil untuk diberikan penanganan lebih lanjut.
“Dalam sebulan bisa kita temukan minimal satu orang pendonor yang darahnya tidak sehat dan menderita penyakit berbahaya, bahkan pernah dalam satu desa ditemukan beberapa orang pendonor mengindap penyakit yang berbahaya sehingga darah kami musnahkan dan pendonor kami berikan penanganan lebih lebih lanjut,” ungkapnya.
Ketua PMI Kabupaten Pemalang juga menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya darah. 
“Setetes darah anda bisa menyelamatkan saudara kita dan kami mengucapkan terima kasih serta menghimbau kepada masyarakat yang sehat dan memenuhi syarat untuk mendonorkan darah, agar tidak ragu untuk datang ke PMI Kabupaten Pemalang atau posko donor darah keliling terdekat diberbagai kegiatan yang diadakan baik oleh Pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan,” pungkas Ketua PMI Kabupaten Pemalang.*
Penulis: Joko Longkeyang
Editor  : Fahroji

Advertisement
banner 970x250
Scroll Untuk Baca

Baca Juga :  Inovasi RSUD Kota Tangerang Kembangkan Sistem PACS Dengan Scan Barcode Hasil Radiologi