Scroll ke Atas
Berita Utama

Padat Karya di Bantarkawung Brebes Libatkan Warga Setempat

54
×

Padat Karya di Bantarkawung Brebes Libatkan Warga Setempat

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pemerintah Desa (Pemdes) Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung,  Kabupaten Brebes menggelar Program Padat Karya Tunai Desa (PDTD) Tahun 2023 dengan membuka akses jalan baru bagi warga di Dukuh Gempol.
Tampak ratusan warga merasa antusias  dan semangat dalam  bergotong royong dengan alat seadanya membuka akses jalan  baru sepanjang 1 km X 3 meter dan membangun  3 buah jembatan berukuran kecil yang  menelan biaya sebesar rp 50 juta untuk bisa menuju kelahan pertanian milik warga, Kamis (16/3/2023).
Kepala desa (Kadea) Bantarkawung HM Rifai Saefudin  mengatakan aspirasi warganya khususnya petani  yang selama ini mengharapkan adanya akses transportasi  menuju ke lahan pertanian miliknya guna mempermudah dan melancarkan  dalam kegiatan mengolah lahan maupun pengangkutan hasil pertaniannya.
“Alhamdullullah akhirnya aspirasi mereka saat ini bisa terwujudkan oleh  Pemkab Brebes melalui program PDTD 2023,” katanya.
Lanjut Rifai untuk mempercepat  terwujudnya  aspirasi warganya pihaknya langsung dengan memperdayakan warga aejumlah 240 warga setempat  guna ikut  bekerja gotong royong bersama sana   membangun insfrastruktur tersebut yang merupakan akses jalan lingkar perdukuhan  ke pusat Pemdes juga insfrastruktur sskaligus sebagai jalan usaha tani (JUT) di Dukuh Gempol.
“Mereka yang diperdayakan/dilibatkan  dalam program ini sejumlah 240 orang dengan  mendapat upah sebesar Rp 50.000/orang sehingga mereka lebih semangat dalam membantu guna mewujudkan apa yang diharapkan selama ini khususnya para petani,” tuturnya.
Rifai menambahkan terwujudnya akses ini juga berfungsi sebagai  salah satu untuk  perluasan pemukiman warga dan menunjang  kegiatan para petani dalam mengolah dan mengangkut hasil panennya dengan harapan sarana ini agar tetap bersama sama dirawat dan dipelihara dengan baik.(imam)

Baca Juga :  Berantas Buta Aksara Al-Qur’an, Wahdah Inspirasi Zakat Tebar 275 Orang Dai ke 34 Provinsi di Indonesia