Scroll ke Atas
Berita Utama

Dinkes Brebes Siagakan Poskes di Berbagai Titik Strategis

56
×

Dinkes Brebes Siagakan Poskes di Berbagai Titik Strategis

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES –
Pos Kesehatan (Poskes) yang digawangi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mensiagakan penuh selama 24 jam. Poskes didirikan di berbagai titik strategis untuk menjaga kondisi kesehatan pemudik ataupun balik lebaran 1444 Hijriyah.
“Kami berusaha membantu pemudik maupun balik lebaran 1444 Hijriyah dengan pendirian pos kesehatan, selain rumah sakit dan puskesmas serta fasilitas kesehatan lainnya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowaty SKM Mkes, disela monitoring Poskes di Alun-alun Brebes, Kamis (20/4/23). 
Ineke menjelaskan, sebanyak 14 Poskes didirikan sejak 17 April sampai 1 Mei 2023 se Kabupaten Brebes, di Poskes akan diberikan layanan PPPK sepanjang 24 jam. Selain itu, melibatkan 15 rumah sakit negeri dan swasta, serta 38 Puskesmas. Komposisi tenaga yang bertugas di Pos Kesehatan terdiri dari tenaga medis/paramedis dan sopir ambulan;
“Rumah Sakit ikut terlibat dan bertugas pada Pos Kesehatan Terpadu dan seluruh Rumah Sakit untuk berperan aktif sebagai pusat rujukan terhadap penderita yang dikirim dari Pos Kesehatan;” terang Ineke. 
Untuk seluruh puskesmas siap memberikan Pelayanan Kegawatdaruratan 24 jam dengan didukung petugas kesehatan, peralatan kesehatan dan obat-obatan, mobil pusling/ambulan serta motor ambulan. 
“Puskesmas tetap memberikan pelayanan vaksinasi covid 19 selama masa mudik dan balik hari raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M di puskesmas masing-masing,” tutur Ineke.
Kepala Rumah Sakit Ir Sukarno Ketanggungan dr Ali Budiarto menambahkan, pihaknya siap melaksanakan tugas kemanusiaan demi terwujdunya kesehatan para pemudik ke kampungnya masing-masing bertemu dengan keluarganya dengan gembira. Juga kembali balik ke tempat kerjanya dengan penuh semangat pula.
“Meski masih minim fasilitas, tetapi pihaknya akan berusaha dengan sepenuh jiwa dan tenaga melakukan pertolongan pertama pada masyarakat pmudik maupun balik,” pungkasnya. (Dun)

Baca Juga :  Patroli Jumat, Polwan Polres Pekalongan Bagikan Nasi Bungkus