Scroll ke Atas
Berita Utama

Tari Saman PPM Zam-Zam Meriahkan Musyda Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Banyumas

78
×

Tari Saman PPM Zam-Zam Meriahkan Musyda Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Banyumas

Sebarkan artikel ini
Tari Saman MBS Zam-Zam Cilongok Banyumas.

EMSATUNEWS.CO.ID, BANYUMAS – Ribuan peserta Musyawarah Daerah (Musyda) Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Banyumas Periode Muktamar 48 terpukau oleh penampilan Tari Saman Santri MBS Zam-Zam Cilongok Banyumas saat pembukaan perhelatan akbar tersebut di Aula Ukhuwah Islamiyyah Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Ahad (7/05).
Menurut Kepala SMP MBS Zam-zam, ustadzah Evy Nurhidayati, S.Pd., sajian Tari Saman dari para santri SMP dan SMA MBS Zam-Zam Cilongok ini diharapkan tidak sekadar menghibur para tamu undangan, peserta Musyda, dan penggembira dari seluruh pelosok Banyumas yang hadir dan menyaksikan acara pra pembukaan. Lebih dari itu, dapat dinukil makna yang lebih dari sekadar gerakan ragawi yang kompak, ritmis, teratur dan dinamis.
“Semoga tidak sebatas menjadi tontonan, tetapi jiwa dan filosofi tari itu bisa diejawantahkan dalam praktik mejalankan roda organisasi di semua tingkatan, dalam hal ini khususnya bagi para kader persyarikatan dan kader pimpinan ‘Aisyiyah dan Muhammadiyah di Banyumas dengan segala amal usaha yang terus maju dan dinamis,” terang ustadah Evy.
Tari Saman MBS Zam-Zam Cilongok Banyumas.

Dijelaskan oleh pelatih tari, ustadzah Feninda, katanya, meski tarian ini sering ditampilkan, baik di acara internal pondok, juga pernah tampil di luar negeri, seperti ketika kegiatan Study Tour ke Malaysia beberapa tahun lalu, tetapi para santri yang memperagakan berbeda-beda, sehingga latihan tetap selalu dari awal. Begitu juga santri yang ikut tampil dalam acara pra pembukaan Musyda ini, mereka hanya berlatih kurang dari sepekan, karena mereka baru datang ke Pondok pada 3 Mei, sedangkan pentas 6 Mei. 
“Begitu permintaan dari pihak panitia ada kepastian santri tampil, barulah selama anak-anak berlatih secara efektif,” terang ustadzah yang juga pembina HW putri.
Agenda Musyda Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Banyumas yang mengusung tagline: “Memajukan Banyumas, Mencerahkan Semesta, berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad (6-7/05).
Perhelatan Akbar Warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Banyumas akhirnya dapat memilih nahkoda baru. 
“Selamat dan Sukses atas terselenggaranya Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah Banyumas dengan penuh ketenangan dan kedamaian,” tutur Ustadz Arif Fauzi, Lc, M.Pd.
” Semoga Ustadz KH. Drs. M. Djohar, M.Pd yang terpilih menjadi Ketua Umum dan Ustadz KH. M. Aminudin, S.Ag, M.Pd akan selalu berjalan beiringan dengan Nahkoda Baru PDA, yakni Ustadzah Hj. Zakiyah, MSI selaku Ketua Umum yang didampingi Ustadzah Nurul Wah udah Uswati, SE selaku sekretaris akan mampu membawa dakwah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Banyumas yang terus mencerahkan semesta dengan gerakan dakwah yang berkemajuan,” imbuh Mudir MBS Zam-Zam Cilongok. (Hamidin/Tarqum Aziz)

Baca Juga :  Jambore Kader Kesehatan Pemalang 2023 Mendorong Transformasi Kader demi Indonesia Maju