Scroll ke Atas
Berita Utama

HNSI Kabupaten Pemalang Usulkan Perubahan Status TPI Sugihwaras Menjadi PPI

163
×

HNSI Kabupaten Pemalang Usulkan Perubahan Status TPI Sugihwaras Menjadi PPI

Sebarkan artikel ini
Emsatunews.co.ic kotaPemalang – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( HNSI ) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah Abul Hasan  secara aktif mengusulkan perubahan status Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Tanjungsari, Kelurahan Sugihwaras, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah menjadi Pelabuhan Pangkalan Ikan (PPI).
Diwawancarai di kantornya kawasan TPI Tanjungsari, Sugihwaras Abul Hasan, Ketua HNSI mengatakan bahwa perubahan status TPI menjadi PPI itu sangat penting dan diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi para nelayan dan masyarakat setempat. Seiring dengan perubahan status, diharapkan alokasi anggaran daerah untuk pengelolaan pelabuhan akan meningkat, sehingga memungkinkan pemanfaatan sumber daya secara lebih optimal.
” Sejak beberapa waktu lalu, kami sudah mengajukan usulan untuk merubah status TPI Tanjungsari menjadi PPI  ke Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang hingga ke meja Bupati, baik saat Bupati Mukti Agung Wibowo maupun HM Mansur Hidayat ST. Namun hingga saat ini usulan tersebut belum terealisasi ,” kata Abul Hasan.
Masih kata Abul Hasan,  kedepannya apabila TPI perubahan berubahnya status menjadi PPI, diharapkan pelabuhan ini akan mendapatkan perhatian lebih baik dari pemerintah baik di tingkat Provinsi maupun Pusat. Apalagi potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pemalang, terutama dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) dan letak geografis pantai yang strategis, menjadikan perubahan status ini sangat beralasan.
” Kabupaten Pemalang memiliki garis pantai terpanjang kedua setelah Kabupaten Rembang di pantai utara, dan SDM yang dimiliki cukup besar serta sangat mendukung bagi para nelayan. Dengan adanya perubahan status TPI menjadi PPI, diharapkan akan meningkatkan kebutuhan infrastruktur yang lebih memadai untuk mendukung aktivitas para nelayan.
Abul Hasan juga mengharapkan agar Pemerintah Daerah segera membantu merealisasikan usulan tersebut. Menurutnya, perubahan status ini akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan para nelayan dan masyarakat sekitar, serta mendorong pertumbuhan sektor perikanan di Kabupaten Pemalang.
Hal senada juga sampaikan oleh para nelayan TPI Tanjungsari,” Para nelayan dan warga setempat berharap agar usulan mereka untuk mengubah status TPI Tanjungsari menjadi PPI segera ditanggapi oleh pihak terkait, sehingga potensi dan keberdayaan perikanan di wilayah tersebut dapat lebih diperhatikan dan dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan bersama ,” ( Joko Longkeyang )

Baca Juga :  Srenum TNI Gelar Lomba Kreativitas Prajurit dan PNS di Lingkungan TNI