Scroll ke Atas
Brebes

Forum Lalulintas Gelar Koordinasi untuk Antisipasi Kecelakaan di Fly Over Kretek

70
×

Forum Lalulintas Gelar Koordinasi untuk Antisipasi Kecelakaan di Fly Over Kretek

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID BREBES – Pasca kejadian kecelakaan lalulintas di jalan Nasional Fly Over Kretek Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes beberapa hari lalu, Jajaran Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Brebes, Polda Jawa Tengah bersama Forum Lalulintas Gelar Koordinasi dalam upaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Salah satu upaya yakni dengan pemasangan sejumlah rambu peringatan yang dipasang di sepanjang jalur sebelum memasuki Fly Over dari arah Ajibarang, sampai dengan arah menuju pertigaan jalur lingkar Bumiayu.

Selain itu, Jajaran Satlantas Polres Brebes juga melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan juga menjalin komunikasi bersama sejumlah tokoh masyarakat di wilayah Brebes selatan yang peduli dengan kasus kecelakaan tersebut, sebagai upaya untuk mengantisipasi agar jangan sampai terulang kembali kasus yang sama.

“Kemarin kami bersama perwakilan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Jawa Tengah menemui sejumlah tokoh masyarakat dan duduk bersama, membahas upaya-upaya sebagai antisipasi kecelakaan di Fly Over Kretek Paguyangan,” kata Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq melalui Kasat Lantas AKP Edi Sukamto, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga :  Forum Relawan Destana di 16 Desa se Kecamatan Bantarkawung Dikukuhkan

Disampaikan Kasat Lantas, terkait sering terjadi kecelakaan di Fly Over Kretek pihaknya sudah melakukan upaya memasang banner tentang himbauan pengecekan rem yang tersebar di beberapa titik.

Selain itu menurutnya, juga akan memaksimalkan penggunaan dua jalur penyelamat Fly Over Kretek dan harus ada sterilisasi di jalur penyelamat serta penambahan rambu lalu lintas, sehingga pengemudi yang baru melintas bisa memahami dan mengetahui adanya jalur penyelamat.

“Kita akan lakukan komunikasi dengan jembatan timbang yang ada di Ajibarang untuk difungsikan. Kemudian kita akan melakukan penindakan terhadap kendaraan yang melebihi beban (over load) termasuk rem check kendaraan yang akan melintas di Fly Over Kretek,” lanjutnya.

Baca Juga :  Intensitas Hujan Tinggi, Beberapa Ruas Jalan Poros Desa di Paguyangan Terputus

“Kami juga akan terus berkomunikasi dengan Dishub termasuk kehadiran jembatan timbang portabel dan rambu-rambu yang sudah pudar akan di diperbaharui kembali,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat yang hadir Slamet Riyadi SH MH menyampaikan apresiasi terhadap jajaran Forum Lalulintas atas respon cepat yang diberikan. Menurutnya, warga yang tinggal di ruas jalan Flyover Kretek masih mengalami trauma akibat sering terjadi kecelakaan di lokasi tersebut.

“Alhamdulillah, dari pihak Polres Brebes dan Forum lalulintas merespon dengan baik, dan akan dilakukan tindakan-tindakan. Kami sangat menunggu langkah nyata dari pemerintah untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat,” tuturnya.***

Oleh : Alex MT