Scroll ke Atas
Berita UtamaBrebes

Sertijab Kepala SMPN 03 Bumiayu, Begini Pesan Kabid PPTK Dikpora Brebes

59
×

Sertijab Kepala SMPN 03 Bumiayu, Begini Pesan Kabid PPTK Dikpora Brebes

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Serah terima jabatan (Sertijab) Kepala SMP Negeri 03 Bumiayu Brebes, Jateng dilakukan dari Drs Sodhikun kepada Riyono SP.d dilaksanakan pada Rabu, 28 Februari 2024 di Ruang Serbaguna SMP Negeri 03 setempat.

Riyono SPd selanjutnya akan mengampu jabatan sebagai Kepala Sekolah (Kasek) SMP Negeri 03 dan Drs. Shodikun yang sebelumnya menjabat Kepala SMP Negeri 03 Bumiayu purnatugas (pensiun).

Sertijab ditandai dengan penyerahan buku memori jabatan, dari Kepala SMP yang lama kepada Kepala SMP yang baru. Kemudian sertijab dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Acara sertijab foto bersama pejabat yang hadir antara lain Riyanto SPd selaku Kabid PPTK Dikpora Kab. Brebes, Pengawas SMP, Ketua K3S SD, Kepala SMP 02 Bumiayu Kepala SMP O4 Bumiayu dan Kepala SMP 01 Paguyangan, segenap guru, karyawan dan Ketua Komite SMP Negeri 03 Bumiayu yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Langkap Bumiayu.

Riyanto SPd, Kabid PPTK DIKPORA Kab. Brebes mengucapkan, selamat atas jabatan barunya sebagai Ka SMP 03 Bumiayu dan berharap dalam memulai kegiatan nanti agar selalu menjaga kesehatan.

“Untuk kedepan kami sarankan SMP membentuk paguyuban wali murid dan diharapkan pula seorang Kasek harus mampu mencari cara agar dapat memajukan sekolahannya ,” ungkap Riyanto.

Lebih lanjut, Riyanto menambahkan, siapa saja yang menjadi Ka SMP 03 harus bisa menciptakan suasana kondusif. Ia juga menghimbau agar para guru jangan sampai tersandung permasalahan asmara (pacaran). Menurutnya selama ini dirinya selaku Kabid PPTK sudah sering mendapatkan laporan terkait permasalah tersebut, sampai-sampai ada yang bercerai.

“Jadi guru juga jangan galak- galak, Kasek harus mampu memberi contoh tauladan dan etika yang baik kepada bawahannya. Selain itu harus punya target untuk meningkatkan kualitas serta mutu sekolah, ini yang harus dikedepankan,” tutur Riyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Sodhikun dalam sabutan menceritakan masalalunya saat bertugas dari tahun 1997 mengajar di SMP Salem di perbatasan Cilacap dan Jawa Barat. Dilaju, berangkat dari rumah (Bumiayu) pukul 03.00 WIB dan pulang pukul 18.00 (magrib). Saat itu dirinya tidak indekos, alasannya karena untuk dapat memantau perkembangan anak selama anak menginjak dewasa.

Baca Juga :  Plt. Bupati Mansyur Hidayat Lepas Jalan Sehat 1 Abadi NU

“Tahun 2000 – 2008 dipindah ke SMP Sirampog. Dan pada tahun 2011 kembali ditugaskan di SMP Salem dari 2011 – 2017 , selanjutnya pindah kembali mengajar di Sirampog tahun 2018 – 2022 .pada tahun 2023 barulah menjabat Kasek SMP 03 Bumiayu dan Purna tugas pada 29 Pebruari 2024,” papar Sodhikun.

Sodhikun mengaku setelah pensiun, dirinya tidak pulang ke Solo, karena istri masih dinas mengajar di Sekolah Dasar (SD). Selain itu, Ia juga menjabat sebagai Badan Pembina Pondok Pesantren di MTs dan SMK di Bumiayu.

“Barangkali ada janji kepada rekan yang belum tertunaikan, kami memohon maaf,” ucap Dhikun.

Ungkapan terimakasih disampaikan Sodhikun, kepada Jajaran Dikpora, Pemkab Brebes atas kepercayaan selana dalam pengabdiannya, tak lupa juga kepada Kepala SMP baru MKKS Korwil para guru semua karyawan/i ia ucapkan terimaksih.

Sementara itu, Ketua Komite SMP Negeri 03 Bumiayu Mustollah mengatakan, “secara filosofis sekolah yang berada di pinggir jalan raya Langkap menuju Cilibur tersebut sudah baik, Ia berharap dengan kepemimpinan baru bisa lebih baik lagi,” tutur Mutollah.

Riyono selaku Kepala SMP Negeri 03 Bumiayu yang baru menyampaikan, dirinya akan menjadi bagian dari keluarga besar di sekolah yang akan ditempati. Ia memohon arahan, bimbingan dan kerjasama dari sesama guru, karyawan dan mitra kerja di lingkungan SMP Negeri 03 Bumiayu.

“Saya siap mengemban amanah, menjadikan para murid untuk berprestasi. Kami juga bertekad untuk bisa melaksanakan pesan yabg disampaikan Jajaran Dikpora Kabupaten Brebes sebagai leader, agar kami mampu mengontrol visi dan missi sekolah. Menjaga keharmonisan antar warga sekolah serta sesegera mungkin untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru,” pungkas Riyono. (Dun/ Yan)