Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

LKS SMK Ke-32 Tingkat Provinsi Jawa Tengah Digelar Di Kabupaten Pemalang

369
×

LKS SMK Ke-32 Tingkat Provinsi Jawa Tengah Digelar Di Kabupaten Pemalang

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Semangat kewirausahaan dan inovasi menggema di Pendopo DPRD Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah tempat berlangsungnya Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-32 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Acara yang berlangsung dari 2 hingga 4 Mei 2024 ini, menjadi ajang pembuktian kreativitas dan kemampuan berwirausaha para siswa SMK se-Jawa Tengah.

Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T., dalam sambutannya Kamis (2/5/2024), menyampaikan harapannya agar LKS dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengasah kreativitas dan keterampilan berwirausaha. “Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan membantu mengurangi angka pengangguran di masa depan,” ujar Mansur Hidayat.

Baca Juga :  Heterogenitas Sumber Kekuatan Dalam Memajukan Bangsa

Menurut Mansur, LKS tidak hanya sekedar kompetisi, tetapi juga bagian dari konsep ‘Merdeka Belajar’. “Kesuksesan seseorang tidak semata-mata diukur dari kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan emosional yang mencakup kemampuan berinteraksi, melayani, dan bekerjasama,” tambahnya.

Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, menyoroti masalah pendidikan di wilayahnya, khususnya angka putus sekolah yang tinggi. “Kami perlu mencari solusi bersama untuk mengatasi masalah ini, dan LKS bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah anak-anak putus sekolah,” kata Sumarno.

Baca Juga :  Masyarakat Kabupaten Brebes Bagian Selatan Bakal Miliki Pasar Representatif Ala Mall Yang Megah di Kecamatan Bumiayu

Acara ini juga diisi dengan Expo Produk, dimana siswa dapat memamerkan hasil karya dan produk inovatif mereka. Ini adalah kesempatan bagi siswa untuk tidak hanya bersaing dalam kompetensi akademik, tetapi juga menunjukkan potensi mereka sebagai calon pengusaha muda yang tangguh.

LKS Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi siswa SMK untuk terus mengembangkan diri dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi lokal dan nasional.( Joko Longkeyang )