Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahKesehatanPemalang

18 Puskesmas di Pemalang Terima Motor Pusling, Bupati Harap Pelayanan Kesehatan Meningkat  

1382
×

18 Puskesmas di Pemalang Terima Motor Pusling, Bupati Harap Pelayanan Kesehatan Meningkat  

Sebarkan artikel ini
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Emsatunews.co.id, Pemalang – Sebanyak 18 Puskesmas di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, mendapat tambahan armada untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Masing-masing Puskesmas menerima dua unit sepeda motor Puskesmas Keliling (Pusling) yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, S.T.,M.Ling., di lapangan Tenis Indoor komplek Setda Kabupaten Pemalang, Selasa (27/8/2024).

Dalam sambutannya Mansur Hidayat berharap dengan adanya tambahan armada ini, kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas dapat ditingkatkan. “Kepada Puskesmas penerima, saya ucapkan selamat karena dapat tambahan alat. Semoga derajat kesehatan dan kepuasan masyarakat terhadap layanan Puskesmas dapat semakin baik,” ujar Mansur Hidayat.

Mansur juga menekankan pentingnya perawatan dan pengelolaan yang optimal terhadap sepeda motor Pusling. “Saya berpesan untuk bisa menyiapkan keperluan perawatan dan penyimpanan, sehingga motor ini bisa digunakan dengan optimal dan aman,” tegas Mansur didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pemalang, Yulies Nuraya, dan Asisten Pemerintahan Sekda, Tutuko Rahardjo.

Baca Juga :  Lembaga Desa dan Pemdes Sindangwangi Bantarkawung Ikuti Pelatihan Pengumpulan Data PTSL Melalui Digital Android

Kepala Dinas Kesehatan Pemalang, dr. Yulies Nuraya, menjelaskan bahwa pengadaan sepeda motor Pusling ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang dalam meningkatkan akses dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Ini merupakan upaya kami untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama di daerah-daerah terpencil,” ungkap Yulies.

Pembelian 36 unit sepeda motor Pusling ini dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024, tepatnya dari kegiatan belanja modal kendaraan khusus. Total anggaran yang digelontorkan untuk pengadaan motor Pusling ini mencapai Rp. 1.612.800.000,-. “Anggaran pembelian Motor Pusling bersumber dari APBD (DAK) tahun 2024, dari kegiatan belanja modal kendaraan khusus, Pengadaan Motor Puskesmas Keliling dengan rincian: 18 Unit Motor Pusling x Rp.44.800.000,-= Rp.1.612.800.000,-,” jelas Yulies.

Baca Juga :  Panglima TNI Tandatangani Kerjasama Militer Dengan Angkatan Bersenjata UEA Yang Sudah Dua Tahun Tertunda

Daftar Puskesmas Penerima Motor Pusling:

Puskesmas Banyumudal, Puskesmas Kebandaran, Puskesmas Bantarbolang, Puskesmas Randudongkal, Puskesmas Kalimas, Puskesmas Mulyoharjo, Puskesmas Kebondalem, Puskesmas Kabunan, Puskesmas Jebed, Puskesmas Losari, Puskesmas Sarwodadi, Puskesmas Jatiroyom, Puskesmas Karangasem, Puskesmas Cikadu, Puskesmas Watukumpul, Puskesmas Paduraksa, Puskesmas Banjardawa, Puskesmas Pulosari. **( Joko Longkeyang ).