Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Bupati Pemalang Apresiasi ASN yang Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

1412
×

Bupati Pemalang Apresiasi ASN yang Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

Sebarkan artikel ini

Emsatunews.co.id, Pemalang – Di tengah musim kemarau yang berkepanjangan, semangat gotong royong masyarakat Pemalang semakin terlihat nyata. Hal ini dibuktikan dengan aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pemalang yang menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di Desa Clekatakan, Pulosari, Penakir, dan Gombong.

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian para ASN tersebut. “Alhamdulillah, kita masih diberi kesehatan dan bisa berbagi kebaikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkap Mansur saat melepas bantuan air bersih di halaman timur Pendopo Pemalang, Jumat (23/08/2024).

Mansur berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan dan bahkan ditingkatkan lagi. “Kegiatan seperti ini harus kita tumbuh kembangkan. Bagaimana kita perhatian kepada orang lain yang saat ini sedang kesusahan, tidak hanya masalah air saja, tapi harapannya ada kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan kemasyarakatan dan kesosialan bisa kita tingkatkan lagi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Apel dan Olahraga Bersama TNI-Polri Brebes

Solusi Jangka Panjang Menyikapi permasalahan kekeringan yang terjadi secara tahunan di wilayah selatan Pemalang, Bupati Mansur mengungkapkan bahwa pemerintah daerah telah berupaya mencari solusi jangka panjang. Selain menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas terkait penyaluran air dari lereng Gunung Slamet, Pemkab Pemalang juga mendorong desa-desa terdampak untuk membuat sumur artesis.

“Itu sudah solusi satu (kerjasama dengan Pemkab Banyumas), sudah kita lakukan solusi yang lain di beberapa desa. Kita dorong untuk mengebor artesis, ada beberapa desa yang sudah kita lakukan seperti di Desa Jurangmangu sudah mengajukan anggaran, nanti kita bantu untuk bisa ada pengeboran di titik yang lain,” jelas Mansur.

Baca Juga :  Rutan Pemalang ikuti Rakernis Pemasyarakatan Tahun 2024

Harapan Masyarakat Bantuan air bersih yang diberikan oleh para ASN ini tentu sangat berarti bagi warga yang kesulitan mendapatkan air bersih. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan, sehingga masyarakat dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan. Ini sangat membantu kami yang kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau,” ujar salah seorang warga Desa Clekatakan.

Aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh para ASN Pemalang ini menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Dalam situasi sulit, kepedulian dan gotong royong menjadi kunci untuk mengatasi masalah bersama. Semoga semangat berbagi ini dapat terus terjaga dan menginspirasi banyak orang.**( Joko Longkeyang )