Scroll ke Atas
Berita UtamaDaerahPemalang

Bupati Pemalang Berikan Bantuan Seragam Sekolah, Tekankan Pentingnya Semangat Belajar

1351
×

Bupati Pemalang Berikan Bantuan Seragam Sekolah, Tekankan Pentingnya Semangat Belajar

Sebarkan artikel ini
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Emsatunews.co.id, Pemalang – Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat,S.T., M.Ling menyerahkan bantuan seragam sekolah bagi siswa-siswi SD dan SMP kurang mampu di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Penyerahan secara simbolis dilakukan di halaman SMP N 3 Pemalang, Kamis (12/9/2024).

Bupati mengungkapkan bahwa dirinya memiliki pengalaman pribadi soal seragam yang kurang mengenakan ketika bersekolah. “Dulu dari kelas 1 sampai 3 ya bajunya satu, celananya (sampai) bolong. Saya tidak ingin pengalaman saya dahulu akan dirasakan oleh anak-anak kita. Sekarang makanya saya berkeinginan (dilaksanakan) program-program yang seperti ini (pemberian bantuan seragam sekolah),” ungkap Mansur.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ia menambahkan bahwa bantuan ini merupakan bentuk empati dan kepedulian terhadap anak-anak kurang mampu. “Ini rasa empati kita, bahwa kami tidak ingin ada anak yang tidak bisa sekolah gara-gara tidak punya seragam sekolah atau bajunya jelek, mereka minder dengan yang lain,” lanjutnya.

Baca Juga :  Puskesmas Bumiayu Bermitra Yayasan Lokatara Berhasil Khitankan Sejumlah 14 Anak Berkebutuhan Khusus

Bupati juga menyinggung soal laporan yang ia terima terkait penjualan buku LKS di sekolah. “Kaitan dengan LKS, saya sering dapat laporan, kok masih ada yang jual LKS. Mulai tahun depan masalah LKS kita biayai saja kalau memang dibutuhkan, jangan dibebankan kepada orang tua murid, kasihan. Terpenting anak-anak di Kabupaten Pemalang harus sekolah, dan harus kolaborasi orang tua dengan muridnya, kita sebagi insan pendidik, guru, kepala sekolah dan semua jajaran yang ada di lingkungan sekolah harus memastikan anak-anak kita, tidak ada yang putus sekolah itu,” tegas Mansur.

Baca Juga :  PPK Se-Kabupaten Pemalang Dilantik, Persiapan Pilkada 2024 Dimulai

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Ismun Hadiyo, mengemukakan bahwa pemberian bantuan seragam sekolah bertujuan untuk meningkatkan angka harapan sekolah dan menekan angka putus sekolah di Kabupaten Pemalang. “Sasaran pelaksanaan kegiatan adalah siswa-siswi SD dan SMP dengan ketentuan siswa yang tidak mampu, yang tercatat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jumlahnya 2902 set seragam OSIS Merah Putih dan seragam Pramuka untuk siswa jenjang SD. Kemudian 4482 seragam OSIS Putih Biru dan seragam Pramuka untuk siswa jenjang SMP,” jelas Ismun.

Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan seragam sekolah diantaranya, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang, Kepala Dindikbud, Dinsos, Diskominfo, DLH Kabupaten Pemalang, Camat Pemalang, Kepala Sekolah SMP, SD, dan Ketua KWK se-Kabupaten Pemalang.**( Joko Longkeyang )