Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Hari Bela Negara, Momentum Tingkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

×

Hari Bela Negara, Momentum Tingkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Peringatan hari Bela Negara, diharapkan bisa dijadikan sebagai momentum meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga memiliki daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi dan kondisi yang berkembang pesat dan komplek di segala bidang.
Demikian kata Presiden RI Djoko Widodo sebagaimana dibacakan Pj. Bupati Brebes Urip Sihabudin selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 di Alun-alun Brebes, Senin (19/12/2022).
Bela negara ini, adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.
Menurutnya, nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air; sadar berbangsa dan bernegara; setia pada pancasila sebagai ideologi negara; rela berkorban untuk bangsa dan negara; dan kemampuan awal bela negara. 
Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 berlangsung singkat, turut mengikuti antara lain jajaran TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar, ASN di dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Kepemudaan.
Nampak Hadir Ketua DPRD Brebes Moh Taufik SSn, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Perwakilan Forkompimda, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kabupaten Brebes Mochamad Sodiq SSTP MSi, dan Para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes berlangsung lancar – (imam)
Baca Juga :  Hj.Idza Priyanti Kukuhkan 509 Kepala Sekolah