Scroll ke Atas
Berita Utama

Mantab! TA 2022, SHU Bumdesma Taman Lestari Alami Surplus.

144
×

Mantab! TA 2022, SHU Bumdesma Taman Lestari Alami Surplus.

Sebarkan artikel ini


EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG
– Sisa Hasil Usaha (SHU) Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Taman Lestari Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, mengalami surplus (kenaikan) di tahun 2022.

Hal itu terungkap dalam Musyawarah Antar Desa (MAD) Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) UPK Tahun Anggaran 2022 sekaligus penetapan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks PNPM Mandiri Perdesaan (MPD) menjadi Lembaga Keuangan Desa (LKD) dan pembentukan BKAD Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang bertempat di Pendopo Kecamatan, Selasa (31 Januari 2023).

Kepala Desa Banjardawa, Sukandar, SPd selaku pimpinan MAD menyebut SHU Bumdesma Taman Lestari TA 2022 sebesar Rp.142.520.399. Dari jumlah tersebut masing-masing diperuntukan untuk penambahan modal sebesar 40 persen.

Kemudian kegiatan sosial yang difokuskan ke arah bantuan Rumah Tangga Miskin (RTM) sebesar 25 persen, peningkatan kapasitas kelompok (30 persen) dan untuk reward pengurus Bumdesma Taman Lestari sebesar 5 persen. Semua perincian prosentase dan penggunaan anggaran tersebut, kata dia, telah disepakati bersama oleh peserta MAD.

“Tahun ini SHU ada kenaikan dan ini cukup baguslah dari modal awalnya kecil dan sekarang bisa berkembang. Dan alhamdulillah, ini total dana yang dikelola oleh UPK eks PNPM Mandiri yang sekarang menjadi Bumdesma sekarang ini ada 3,2 miliar yang sekarang produktif ini ada 2,6 miliar,” terang Sukandar kepada emsatunews.co.id saat ditemui seusai acara MAD.

Dia mengatakan untuk sementara ini kegiatan yang dikelola Bumdesma Taman Lestari berbentuk Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Pihaknya bersyukur kegiatan simpan pinjam bagi warga perempuan di Kecamatan Taman ini berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut Sukandar menambahkan di dalam acara MAD ini juga telah dimusyawarahkan terkait penyusunan kepengurusan BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Taman untuk masa bakti 2023 – 2026.

Dari hasil musyarawarah tersebut telah diputuskan susunan kepengurusan BKAD Kecamatan Taman masa bakti 2023 – 2026. Adapun susunan kepengurusannya sebagai berikut :
Ketua : Wahid Sumartara dari Desa Banjardawa.
Sekretaris : Tati Sugiharti (Jebed Utara).
Bendahara : Susmoyo (Kabunan).


Anggota : 

Rokhani (Kejambon), Tarmudi (Penggarit), Slamet (Wanarejan Utara), Nurkadi (Taman).*

Penulis : Yanto

Baca Juga :  Jadikan Peringatan Hari Pahlawan Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa