Scroll ke Atas
banner 970x250 banner 970x250
Berita Utama

Pentingnya Peran Pers Dalam Membentuk dan Memengaruhi Opini Publik Oleh Azmi A Majid

×

Pentingnya Peran Pers Dalam Membentuk dan Memengaruhi Opini Publik Oleh Azmi A Majid

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Secara keseluruhan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2023 merupakan momentum untuk memperingati serta memperjuangkan nilai-nilai pers yang bebas, demokrasi dan bermartabat. Untuk itu pentingnya peran pers dalam membentuk dan memengaruhi opini publik.
Pers sebagai bagian dari pentahelix (multipihak) bersama-sama dengan akademisi, industri, pemerintah, dan masyarakat sipil, juga berperan sebagai salah satu kontrol bagi pemangku kepentingan dalam pembentukan kebijakan publik. Oleh karena itu peran dan tugas pers sangat strategis dan harus selalu diterima dan diakui oleh pemangku kepentingan lainnya.
Melihat kondisi pers terkini Pegiat Gerakan Sosial Jawa Tengah Azmi A Majid mengungkapkan, masih ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dan dibenahi terkait kebebasan pers. Masih terdapat beberapa hambatan dan tantangan bagi insan pers dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal. Seperti, pembatasan akses informasi, intimidasi dan campur tangan pihak luar.
Namun harus diakui bahwa, perkembangan teknologi dan media digital juga memberikan peluang baru bagi industri pers untuk menjangkau lebih banyak audiens dan menyampaikan informasi lebih efektif lagi.
“Oleh karena itu, pers harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan meningkatkan kualitas dan integritas jurnalistiknya,” tutur Azmi.
Pers bebas, demokrasi, dan bermartabat adalah prinsip-prinsip yang harus selalu dijunjung tinggi oleh para pemangku kepentingan industri pers. Pers bebas memberikan ruang bagi warga negara untuk mengekspresikan pendapat dan memperoleh informasi yang dibutuhkan, serta memastikan bahwa pemerintah dan institusi lainnya bertindak transparan dan dalam kontrol publik.
Demokrasi bermartabat, di sisi lain ialah memastikan bahwa hak-hak politik dan hak asasi manusia warga negara dilindungi dan dipromosikan. Pers dalam hal ini, memegang peran yang sangat penting sebagai pilar ke empat demokrasi, dengan tugas memonitor dan menjaga agar kekuasaan tetap ada dalam kendali rakyat.
“Selamat Hari Pers Nasional teruntuk sahabat-sahabat pers, semoga membawa harapan baru bagi industri pers di Indonesia,” pungkas Azmi. (yayan).
Baca Juga :  Antisipasi Kejahatan Malam Hari, Polsek Losari Intensif Giatkan Patroli